Prancis Masuki Fase Baru Karantina Wilayah

0
(0)

Jakarta – Prancis memasuki pelonggaran fase baru dengan serangkaian langkah untuk melonggarkan karantina wilayah (lockdown) Covid-19 pada sekolah dan bioskop.

Semua siswa di sekolah dasar dan menengah yang berusia hingga 15 tahun dapat kembali bersekolah, setelah diterapkannya pembukaan kembali secara bertahap dalam beberapa pekan terakhir.

Pembukaan kembali ini memungkinkan sekolah untuk dapat kembali berhubungan dengan siswa sebelum liburan musim panas yang dimulai pada 6 Juli mendatang, demikian disampaikan Menteri Pendidikan Prancis Jean-Michel Blanquer.

“Kami tidak dapat membiarkan para siswa tidak bersekolah dari Maret hingga September,” ujar Blanquer dalam siaran radio France Inter, Selasa(23/6).

Langkah-langkah jaga jarak sosial (social distancing) di taman kanak-kanak saat ini telah dihapus, sementara di sekolah dasar dan menengah, jarak satu meter antarsiswa tetap diterapkan, namun tidak berlaku di lingkungan luar ruangan (outdoor) antara siswa dari kelas yang sama atau kelompok yang sama, termasuk untuk kegiatan olahraga.

Untuk pembukaan kembali bioskop, ruang pemutaran film tidak boleh melebihi setengah dari kapasitas pengunjung dan kursi kosong harus disediakan di kedua sisi setiap penonton, menurut peraturan sanitasi yang dikeluarkan oleh Federasi Bioskop Nasional Prancis.

Sementara itu, bioskop harus mendistribusikan gel hidro alkohol dan menyiarkan pesan sanitasi selama trailer sebelum pemutaran film. Para penonton diminta untuk memesan kursi secara daring (online) atau di tempat khusus guna membatasi penjualan di bioskop.

Kamp musim panas dan kamp outdoorjuga kembali dibuka pada Senin. Olahraga kelompok dapat dilanjutkan, namun pembukaan kembali stadion masih harus menunggu hingga 11 Juli mendatang, dan dengan kapasitas maksimum hingga 5.000 penonton.

Semua stasiun kereta bawah tanah Paris dibuka kembali pada Senin. Mengenakan masker merupakan kewajiban di semua kereta, begitu juga di peron dan koridor. Universitas dan klub malam tetap ditutup hingga pemberitahuan lebih lanjut.

Museum dan objek wisata populer di Paris yang sedang merencanakan pembukaan kembali, yakni Musee d’Orsay pada 23 Juni, Menara Eiffel pada 25 Juni, dan Museum Louvre pada 6 Juli. (EP/xh)

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Enam Pasien Covid-19 di Bangka Tengah Telah Sembuh

Tue Jun 23 , 2020
0 (0) Jakarta – Tim Gugus Tugas Penanggulangan Covid-19 Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, mengumumkan enam pasien dinyatakan sembuh dari paparan virus corona baru itu. “Enam dari delapan pasien yang terpapar virus corona, itu sudah dinyatakan sembuh,” ujar Bupati Bangka Tengah, Ibnu Saleh dalam keterangan pers di Koba, […]