Tuesday, May 18

Polisi Tetapkan Status Tersangka Untuk Rizieq Shihab

jakarta – Polisi meningkatkan status Habib Rizieq Shihab menjadi tersangka dalam pelanggaran Protokol Kesehatan yang dilakukan pada dua tempat yaitu tabligh akbar di Tebet Utara Jakarta Selatan dan pesta pernikahan anak Rizieq Shihab di jalan KS Tubun Tanah Abang Jakarta Pusat beberapa waktu lalu.

Selain melanggar UU Kekarantinaan Kesehatan pasal dengan pasal 160 KUHP dan pasal 93 UU RI no 6 tahun 2018 serta pasal 216 KUHP. MRS juga dikenakan tindak pidana di muka umum dengan lisan ataupun tulisan menghasut supaya melakukan sesuatu perbuatan yang dapat melanggar hukum.

Kepala Divisi Humas Irjen Argo Yuwono menyatakan selain menaikkan status tersangka kepada Rizie Shihab, polisi juga menaikkan status 5 saksi lainnya menjadi tersangka sekaligus mengenakan pencekalan kepada semua.

“ Hasil kesimpulannya adalah menaikkan status tersangka thd MRS alias HRS ini surat ketetapan tersangkanya. Yang kedua menaikkan status saksi menjadi tersangka Haris Ubaidillah dan ketiga Ali Alwi Alatas, Maman Suryadi, Ahmad Syafri Lubis dan Idrus. Dan selanjutnya penyidik sudah membuat surat pencekalan terhadap MRS kepada Dirjen imigrasi Kemenkumham dalam waktu 20 hari’, jelas Argo.

Ditambahkan Argo, penetapan tersangka ini setelah polisi melakukan penyelidikan terhadap saksi dan menemukan bukti serta melakukan gelar perkara pada tanggal 7 Desember 2020 lalu.

Sementara itu, Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran menyatakan akan melakukan penangkapan kepada semua tersangka tersebut.

“Terhadap kepada para tersangka, penyidik Polda Metro Jaya akan melakukan penangkapan,” tegas Fadil dalam konperensi pers yang digelar Kamis, (10/12/2020).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *