by

Polisi Sebuah Jalan untuk Mengabdi

Jakarta: Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengatakan, polisi bukan hanya sekadar profesi semata.

Ia menegaskan, polisi merupakan jalan bagi seorang untuk mengabdi kepada bangsa dan negara.

“Polisi bukan sekadar profesi tapi sebuah jalan untuk mengabdi,” kata Listyo dalam sambutannya di upacara peringatan Hari Bhayangkara, di Kampus Akademi Kepolisian, kawasan Candi, Semarang, Jawa Tengah, Selasa (5/7/2022).

Dalam pidatonya, ia pun mengulas secara singkat perjalanan Polri selama beberapa waktu terakhir. Listyo mengatakan, pada peringatan HUT ke-75 Bhayangkara, Indonesia berada dalam situasi pandemi Covid-19 varian delta.

Saat itu, kata dia, Polri bersama stakeholder lain mengerahkan seluruh sumber daya untuk fokus pada penanganan Covid-19.

“Alhamdulilah pandemi Covid-19 di Indonesia dapat terkendali sehingga aktivitas dan event-event baik nasional maupun internasional dapat berjalan kembali serta diharapkan memberikan multiplyer effect bagi perekonomian dan juga nama baik Indonesia di mata dunia,” imbuh dia.

Listyo juga menyorot soal kemerdekaan menyampaikan pendapat di muka umum.

Menurutnya, Pihaknya terus berupaya menjalin komunikasi dengan semua elemen masyarakat, termasuk mahasiswa serta buruh, dalam rangka menjamin ruang demokrasi dan kebebasan berpendapat.

“Sebagai contoh aksi unjuk rasa mayday fiesta serta aksi unjuk rasa lain dapat berjalan dengan aman dan lancar. Meskipun melibatkan massa dalam jumlah besar,” kata dia.

Selain itu, juga mmenyinggung mudik tahun ini yang berjalan lancar. Listyo mengatakan, pelaksanaan yang pertama kali sejak pandemi Covid-19 melanda Tanah Air tahun 2020.

Sejumlah antisipasi mudik dan skema lalu lintas pun dilakukan Polri dan stakeholder terkait, di antaranya pengaturan jadwal libur, pengendalian mobilitas lalu lintas, contraflow, one way, dan ganjil genap dengan indikator volumen kendaraan terukur.