by

Polisi Layani Perpanjangan Waktu SIM

Jakarta: Korps Lalu Lintas Polri sudah kembali membuka pelayanan pengurusan Surat Izin Mengemudi (SIM). Polri memberikan dispensasi pengurusan bagi masyarakat yang mengalami jatuh tempo SIM saat libur Lebaran lalu.

Dir Regident Korlantas Polri, Brigjen Pol Yusri Yunus, menyebutkan terkait perpanjangan SIM bagi masyarakat yang kedapatan SIMN-nya telah habis masa berlakunya di tanggal 29 April – 8 Mei 2022, tetap dapat melakukan perpanjangan.

“Kami kasih kesempatan sampai tanggal 17 Mei itu bisa diperpanjang, jadi bukan dihitung mati ya,” kata Brigjen Pol Yusri Yunus kepada wartawan, Rabu (11/5/2022).

Lebih lanjut, Brigjen Pol Yusri Yunus menambahkan, seluruh petugas di Satuan Penyelenggara Administrasi SIM (satpas) seluruh Indonesia untuk memprioritaskan SIM yang habis di tanggal 29-8 Mei kemarin, bisa diperpanjang sampai tanggal 17 Mei.

Ia menjelaskan, mekanisme perpanjangan SIM juga bisa melalui layanan yang disediakan oleh Korlantas Polri, yaitu aplikasi SINAR atau dapat mendatangi langsung ke Satpas, Gerai, dan SIM keliling yang sudah disediakan.

“Jadi sudah natural diperpolnya, tapi untuk yang tanggal 29-8 Mei ini yang kami kasih dispensasi untuk bisa diperpanjang sejak kemarin Senin dari tanggal 9-17 Mei,” ungkap Yusri.

“Kami mengharapkan yang sudah mati segera perpanjang, ini waktu 9-17 sekitar 8 sampai 9 hari kerja untuk segera mungkin, kalau lewat itu sama seperti proses biasa bikin baru lagi,” pungkasnya.

Untuk diketahui, SIM merupakan syarat mutlak yang harus dimiliki para pengendara kendaraan bermotor ataupun listrik di Indonesia. Berdasarkan Pasal 18 (1) Undang Undang No 14 Tahun 1992 pengemudi kendaraan bermotor wajib hukumnya memiliki SIM, dan apabila tidak dapat menunjukkan SIM selama saat mengendarai akan dikenakan sanksi hukum

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.