Monday, March 8

Pilkada 2020, 600 ASN Tidak Netral

0
(0)

Surabaya: Sebanyak lebih dari 800 Aparatur Sipil Negara (ASN) di Indonesia diduga telah berlaku tidak netral selama musim Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2020. 600 diantaranya terbukti tidak netral.

Kepala Badan Kepegawaian Nasional (BKN), Bima Haria Wibisana menjelaskan, hal itu berdasarkan laporan yang mereka terima.

“Sekarang ini laporan dari seluruh Indonesia, sudah ada 800 lebih PNS yang diduga melakukan pelanggaran netralitas,” ungkapnya, Rabu (18/11/2020).

Dengan rincian, tambahnya, yang terbukti sebanyak 600 orang, yang sudah ditindaklanjuti ada sekitar 300-an orang, sisanya belum dilakukan tindakan. Sisanya itu, kata Bima, dilakukan pembekuan data kepegawainnya.

“Seperti yang regulasi yang diatur. Itu untuk memastikan bahwa pejabat pembina kepegawaian, menindaklanjuti apa yang sudah diputuskan oleh Bawaslu dan KASN, untuk memberikan sanksi hukuman disiplin bagi PNS yang melanggar netralitas,” jelasnya.

Lebih lanjut dia mengaku berharap, dengan hukuman yang dijatuhkan bagi PNS yang melanggar netralitas tersebut, dengan salah satunya pemblokiran data PNS itu, kemudian dapat mencegah PNS yang lain, untuk tidak melakukan pelanggaran netralitas.

Baca Juga :Pilkada, Tiga Daerah di Sultra Rawan Konflik
“Banyak bermacam macam, ada yang posting di media sosial mendukung calon tertentu, ada yang like tapi like nya terus terusan, banyak yang seperti itu, bahkan ada yang datang ke kampanye,” imbuh Bima.

Bima juga berharap, para PNS menjaga netralitasnya bukan hanya karena PIlkada, tapi juga untuk dapat memberikan pelayanan publik yang lebih baik kepada masyarakat. Menurutnya, apabila mereka tidak netral, maka akan sulit memberikan pelayanan publik tanpa diskriminasi.

Ditekankannya bahwa netralitas ASN, menjadi hal yang wajib ditegakkan. Maka dari itu, untuk pengawasan, pihaknya bekerjasama antara Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), Kementerian PAN RB, Kementerian Dalam Negeri, dan Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN).

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *