by

Piala Dunia 2026, FIFA Rilis Kota Penyelenggara

Jakarta: Badan Sepak Bola Internasional (FIFA) merilis nama-nama kota dan stadion yang akan menjadi tuan rumah pertandingan selama Piala Dunia 2026, yang akan diadakan di Amerika, Kanada dan Meksiko.

Presiden FIFA Gianni Infantino menegaskan, nama-nama kota dan stadion dipilih berdasarkan proses penawaran paling transparan dan komprehensif dalam sejarah sepak bola, serta dengan mempertimbangkan kebutuhan, pemangku kepentingan yang terlibat dalam Piala Dunia FIFA 2026.

“Kami mengucapkan selamat kepada 16 kota tuan rumah Piala Dunia FIFA atas komitmen dan semangat mereka yang luar biasa. Hari ini adalah hari bersejarah untuk semua orang di kota dan negara bagian itu, untuk FIFA, untuk Kanada, AS, dan Meksiko yang akan menampilkan pertunjukan terhebat di Bumi,” kata Presiden FIFA Gianni Infantino sebagaimana dikutip dari laman FIFA.com, Jumat (17/6/2022).

Infantino berharap, pihaknya dapat bekerja sama dengan negara-negara tersebut untuk kesuksesan ajang pertandingan sepak bola kelas dunia tersebut.

Sementata itu, Wakil Presiden FIFA dan Presiden Concacaf Victor Montagliani mengapresiasi penetapan 16 kota dan stadion untuk Piala Dunia 2026.

“Kami sangat berterima kasih tidak hanya kepada 16 kota yang telah dipilih, tetapi juga kepada enam kota lainnya dengan siapa kami berharap dapat terus terlibat dan mengeksplorasi peluang tambahan untuk menyambut penggemar dan tim yang berpartisipasi,” kata Montagliani.

Menurutnya, hal ini selalu menjadi Piala Dunia FIFA dari tiga negara.

“Itu tidak diragukan lagi akan memiliki dampak yang luar biasa di seluruh kawasan dan komunitas sepak bola yang lebih luas,” tambahnya.

Diketahui, Los Angeles dan Vancouver telah diumumkan di antara 16 kota tuan rumah Piala Dunia 2026.

Bersama dengan LA dan Vancouver, kota-kota Atlanta, Boston, Dallas, Guadalajara, Houson, Kansas, Los Angeles, Mexico City, Miami, Monterrey, New York/New Jersey, Philadelphia, Teluk San Francisco, Seattle, Toronto, dan Vancouver akan semuanya tuan rumah aksi di 2026.

11 kota tuan rumah yang disebutkan berada di AS, tiga di Meksiko dan dua di Kanada.

Amerika Serikat, Meksiko dan Kanada dipisahkan menjadi wilayah barat, tengah dan timur untuk memastikan kompetisi tersebar tepat di wilayah yang luas.

Piala Dunia 2026 akan menjadi yang pertama dalam menyertakan 48 tim. Jumlah ini naik 16, dari 32 tim pada Piala Dunia sebelumnya.

Meksiko juga akan menjadi negara pertama yang menjadi tuan rumah tiga kali, setelah menjadi tuan rumah pada tahun 1970 dan 1986.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.