by

Piala Dunia 2022,Italia Masih Berpeluang Tampil

Jakarta: Timnas Italia telah dinyatakan gagal berpartisipasi di ajang Piala Dunia 2022 setelah dikalahkan Makedonia Utara di babak play-off. Namun, ada satu kondisi yang memungkinkan mereka untuk hadir sebagai peserta dalam ajang bergengsi itu, meski peluangnya sangat kecil.

Dilansir dari laporan Sky Sport Italia, Kamis (31/3/2022), mereka menghadirkan skenario yang memungkinkan Gli Azzurri turut ambil bagian dalam ajang empat tahunan tersebut.

Peluang itu muncul karena salah satu perwakilan benua Asia, Iran, terancam batal ambil bagian. Iran tengah jadi sorotan karena melarang dua ribu wanita yang sudah membeli tiket pertandingan untuk hadir di stadion saat melawan Lebanon.

FIFA telah mengimbau Iran untuk berhenti ‘mengunci’ stadion untuk wanita sejak tahun 2019. Namun, imbauan tersebut tidak digubris ketika Timnas Iran berhasil mengalahkan Lebanon dengan skor 2-0 pada hari Selasa (29/3/2022) lalu.

Iran tidak menggubris imbauan tersebut berulang kali. Dan baru-baru ini, Mehrdad Seradschi selaku anggota federasi sepak bola Iran mengungkapkan lewat Twitter bahwa dia mendengar ‘kabar mengkhawatirkan dari FIFA’.

Hukuman paling ekstrem yang bisa diberikan FIFA adalah mendiskualifikasi Iran dari Piala Dunia 2022. Walaupun kemenangan atas Lebanon telah memastikan mereka ikut serta di ajang tersebut.

Jika itu terjadi, tentu FIFA harus memilih negara lain untuk menggantikan Iran. Cara untuk menentukannya adalah dengan memberikan satu slot kosong kepada negara dengan koefisien tertinggi dan tersingkir di babak kualifikasi.

Dilansir dari situs resmi FIFA, Italia berada di posisi keenam dalam rangking dunia saat ini dengan total poin 1740.77. Lima negara di atas mereka telah dipastikan ikut Piala Dunia 2022, yakni Inggris, Argentina, Prancis, Brasil dan Belgia.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.