by

Piala AFF U-23 2022 Resmi Digelar di Kamboja

Jakarta: Federasi sepak bola Asia Tenggara (AFF) resmi menunjuk Kamboja untuk menjadi tuan rumah Piala AFF U-23 2022. Piala AFF U-23 2022 akan digelar di dua stadion yakni Morodok Techno Stadium dan Prince Stadium, Kamboja, pada 14-26 Februari 2022 mendatang.

Presiden Federasi sepak bola Asia Tenggara (AFF) bernama Khiev Sameth menjelaskan alasan ditunjuknya Kamboja karena negara tersebut sudah berpengalaman menjadi tuan rumah di Piala AFF U-23 2019 lalu.

“Saya yakin Piala AFF U-23 menjadi wadah sempura untuk menampilkan generasi bintang masa depan di kawasan ASEAN. Event ini juga memungkinkan talenta-talenta untuk lebih tumbuh dan berkembang,” ujar Khiev Sameth dilansir dari laman resmi AFF (26/11/2021).

Ia juga berterimakasih kepada pemerintah Kamboja dan Federasi Sepak Bola Kamboja karena telah bersedia kembali menjadi tuan rumah ajang dua tahunan tersebut.

“Atas nama AFF dan semua Asosiasi Anggota kami, saya berterima kasih kepada Pemerintah Kamboja dan Federasi Sepak Bola Kamboja karena bersedia menyelenggarakan acara yang menarik ini,” tuturnya menambahkan.

Presiden Federasi Sepak Bola Kamboja, Sao Sokha, menyambut antusias penunjukkan negaranya sebagai tuan rumah Piala AFF U-23 2022. Sao Sokha bertekad untuk menyukseskan event bergengsi tersebut.

Bermodalkan pengalaman menjadi tuan rumah pada edisi 2019, Kamboja bertekad untuk menjadi yang lebih baik lagi. Sao Sokha menjamin, event ini akan berlangsung aman dan lancar.

“Kami senang menjadi tuan rumah Piala AFF U-23 2022 dan berterima kasih kepada AFF atas kepercayaan yang diberikan kepada kami untuk menyelenggarakan acara dengan sukses,” Sao Sokha menuturkan dilansir dari laman resmi AFF.

“Kami akan melakukan yang terbaik untuk memastikan kejuaraan berlangsung aman untuk semua orang yang terlibat,” tambahnya.

Sejatinya Piala AFF U-23 digelar pada 2021 lalu. Namun karena pandemi virus corona masih belum teratasi oleh sejumlah negara di kawasan Asia Tenggara, maka ajang tersebut diundur ke tahun 2022.

Dalam ajang ini, timnas U-23 Indonesia berstatus sebagai juara bertahan. Timnas U-23 Indonesia sebelumnya sukses menjadi juara Piala AFF U-23 2019 yang digelar di Kamboja.

Dalam laga final, timnas U-23 Indonesia yang kala itu dilatih oleh Indra Sjafri sukses mengalahkan Thailand dengan skor 2-1.

Misi mempertahankan gelar di Piala AFF U-23 tentu tak akan mudah buat Timnas Indonesia. Apalagi peta persaingan pada edisi kali ini bakal lebih sulit.

Pelatih Shin Tae-yong bakal mendapatkan tugas berat untuk bisa meneruskan warisan dari Indra Sjafri yang mempersembahkan gelar pada 2019. Pelatih asal Korea Selatan itu bakal fokus ke Timnas U-23 setelah Piala AFF 2020 untuk level senior.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *