Friday, May 7

Petral Memang Bubar, Tapi Tangan Kotor Mafia Migas Masih Gentayangan

Jakarta – Harga minyak sudah turun drastis hingga rata-rata di bawah US$ 20 per barrel. Tapi kenapa harga bahan bakar minyak (BBM) tidak kunjung turun?

Pengamat Ekonomi Energi Universitas Gadjah Mada, Fahmy Radhi, mengatakan, berdasarkan formula Kepmen ESDM No 62K/MEM/2020, ada dua kemugkinan penyebab harga BBM di Tanah Air tak kunjung turun. Penaikan konstanta dan penetapan harga MOPS yang tidak sesuai dengan harga minyak dunia.

“Ada indikasi bahwa mafia migas selain bermain dalam peningkatan volume impor BBM, juga bermain dalam penetapan MOPS. Bahkan tidak mustahil ikut pula bermain dalam keputusan penaikan konstanta dalam formula penetapan harga BBM,” kata Fahmy, hari ini.

Kendati Pertamina Energy Trading Limited (Petral), yang selama ini dikenal sebagai markas mafia migas, sudah dibubarkan, namun Fahmy mengendus mafia migas masih berkeliaran.

Pasalnya, mafia migas sudah menjadi inherent system yang mampu mempengaruhi kebijakan pemerintah.

“Kalau indikasi keterlibatan mafia migas itu benar, tidak berlebihan dikatakan bahwa mafia migas di balik keputusan tidak menurunkan harga BBM di tengah anjloknya harga minyak dunia,” kata Mantan Anggota Antimafia Migas itu.

Dia lalu meminta menteri ESDM, Arifin Trasrif, mengambil langkah konstruktif untuk menurunkan harga BBM dalam waktu dekat. Salah satunya mengembalikan besaran konstanta dalam penetapan formula harga BBM, dengan menetapkan besaran konstanta itu seperti ditetapkan oleh Menteri ESDM sebelumnya Ignasius Jonan.

“Disamping itu, harus mengevaluasi besaran MOPS yang disesuaikan dengan harga minyak dunia yang berlaku,” ucap Fahmy.

Selain itu, kata dia, keputusan untuk tidak menurunkan harga BBM sesungguhnya menunjukkan ketidakadilan terhadap konsumen. Pada saat harga minyak dunia naik, Pertamina dengan sigap menaikkan harga BBM. Namun, saat harga minyak dunia turun drastis, Pertamina tidak menurunkan harga BBM.(EP)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *