Perusahaan Besar Mulai Beli Ayam Peternak

0
(0)

Jakarta – Kebijakan perusahaan besar (integrator) untuk membeli ayam broiler dari peternak mandiri mulai dijalankan. Hal ini dilakukan guna menstabilkan harga ayam di tingkat peternak.

“Kemarin PT Japfa Comfeed sudah melakukan pembelian livebird di farm broiler peternak mandiri milik Sugeng Wahyudi (anggota GOPAN) di Dramaga Tanjakan Bogor,” ungkap Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan, I Ketut Diarmita, Jumat (24/4).

Ia menjelaskan bahwa pembelian ayam hidup (livebird) oleh PT Japfa Comfeed sebanyak 1.920 ekor, dengan harga Rp15.000 per kilogram (kg) dan akan didistribusikan ke RPH-U Parung Ciomas, Bogor. “Ini merupakan bagian dari komitmen perusahaan tersebut untuk membeli livebird sebanyak 700.000 ekor,” tambahnya.

Selain itu, berdasarkan informasi dari Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Jawa Tengah, PT PT Chareon Pokphand Indonesia (CPI) juga telah membeli ayam broiler dari kandang Eri, seorang peternak mandiri yang berdomisili di Desa Ngabean Boja, Kendal.

Adapun jumlah ayam yang dibeli sebanyak 4.000 ekor dengan harga 15.000 per kg berat hidup. Sementara harga kesepakatan Perhimpunan Insan Perunggasan Rakyat (Pinsar) di pasaran adalah Rp10.000 per kg, maka masih ada selisih Rp 5.000 yang bisa didapatkan peternak.

“Ayam yang dibeli di Kendal ini merupakan bagian dari komitmen 1 juta ekor ayam yang akan dibeli oleh PT CPI di Jawa Tengah, Jawa Barat, dan Jawa Timur,” ujar dia.

Pembelian oleh PT. CPI ditargetkan sebanyak 20.000 ekor per hari yang selanjutnya akan dipotong di RPH-U yang berada di Salatiga. Karkas yang dihasilkan akan diolah menjadi produk olahan ayam seperti nugget, sosis, dan dan produk olahan lainnya.

Direktur Perbibitan dan Produksi Ternak Kementan, Sugiono menjelaskan bahwa tujuan kerja sama untuk menyerap ayam broiler dari peternak mandiri tersebut antara lain adalah untuk membantu mengurangi pasokan ayam ke pasar, sehingga supply dan demand menjadi seimbang. “Kita harapkan nantinya harga akan meningkat, dan para peternak bisa menikmati hasil usahanya,” tuturnya. (MSH)

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Jika Kim Jong Un Tiada, Adik Perempuannya Jadi Calon Kuat Penggantinya

Fri Apr 24 , 2020
0 (0) Pyongyang – Teka-teki kondisi dan keberadaan pemimpin tertinggi Korea Utara (Kout), Kim Jong Un, belum juga terungkap. Namun, kini malah sudah muncul isu siapa yang akan menggantikan Jong Un kelak. Para pengamat internasional memperkirakan, jika Jong Un benar-benar tiada, calon kuat yang akan menggantikannya adalah adik perempuannya bernama […]