by

Personil PLN Siaga Normalkan Listrik Warga Usai Gempa

Jakarta: Perusahaan Listrik Negara (PLN) menyiagakan sebanyak 200 petugas untuk melayani masyarakat usai gempa bumi di Cianjur Jawa Barat. Hal itu disampaikan Senior Manager Distribusi PLN UID Jawa Barat Aji Lesmana.

“Tim kami stand by di sana masih ada 200 orang. Sehingga jika misalnya ada masyarakat ingin menormalkan listriknya, tim kita siap di sana,” kata Aji dalam dialog Pro3 RRI, Rabu (23/11/2022).

Meski demikian, menurutnya, ada sebagian warga terdampak gempa yang sempat meminta memadamkan gardu listrik di daerahnya. Mereka mengaku takut dan khawatir dengan kabel yang tertimpa bangunan.

“Jadi ada beberapa gardu yang masih kita amankan. Karena permintaan dari warga sekitar maupun dari tim BNPB,” ujarnya.

PLN, kata Aji, juga mengerahkan sebanyak 88 unit mobil PLN dan 11 mobil crane. Pengerahan itu untuk mempercepat kenormalam sistem listrik di Cianjur.

“Sejumlah fasilitas umum sudah berhasil dinormalkan. Sehingga beberapa masyarakat sudah ada yang bisa menggunakan fasilitas listriknya kembali,” ujarnya.

Dia menjelaskan, gempa yang terjadi pada Senin (21/11/2022) itu menyebabkan 1.844 gardu listrik jaringan tegangan menengah PLN mengalami kerusakan. Sedangkan jumlah pelanggan yang terdampak gempa Cianjur sebanyak 326 ribu pelanggan.