by

Persipura Jayapura Tahan Imbang PSM Makassar 1-1

Jakarta: PSM Makassar dan Persipura Jayapura harus puas bermain imbang 1-1 dalam pertandingan yang diwarnai hujan kartu kuning di Stadion Sultan Agung, Bantul, Sabtu (27/22/2021) malam WIB, pada pekan ke-14 Liga 1 2021/22.

PSM mengawali pertandingan dengan langsung tampil agresif. Peluang pertama tercipta di menit keenam saat Abdul Rachman mengirim umpan kepada Yakob Sayuri. Bola mengarah ke gawang, tapi berhasil diamankan kiper Fitrul Dwi Rustapa.

Tim Juku Eja mendapatkan hadiah penalti setelah pelanggaran yang dilakukan bek Persipura David Rumakiek. Dia menginjak kaki striker Anco Jansen yang membuat wasit menunjuk titik putih di menit ke-12.

Anco Jansen sendiri yang tampil sebagai eksekutor penaltinya di menit ke-13. Striker asal Belanda itu mengarahkan bola ke kanan gawang Persipura. Fitrul sebenarnya mampu menepisnya, tapi tembakan keras Jansen tetap membuat bola masuk.

PSM tidak mengendurkan serangan meski sudah unggul satu gol. Di menit ke-21, kerja sama rapi ditunjukkan. Ilham Udin Armaiyn mengirim kepada Jansen dan diteruskan menjadi tembakan ke gawang. Tapi, Fitrul masih mudah mengamankannya.

Persipura bukannya tanpa perlawanan. Mereka kemudian mengambil alih permainan dengan melepas banyak tendangan bertubi-tubi ke gawang PSM. Di menit ke-30, Takuya Matsunaga memberi umpan kepada Elisa Basna yang sayangnya menghasilkan tembakan meleset.

Semenit kemudian, giliran Nelson Alom yang memberi umpan matang kepada Hedipo Gustavo di menit ke-31. Lagi-lagi, tembakan gelandang asal Brasil itu masih belum mengarah ke gawang kiper Hilman Syah.

Gol balasan Persipura akhirnya lahir di menit ke-34. Hedipo menjadi kreatornya mengirim umpan kepada Feri Pahabol. Dari sisi kanan luar kotak penalti, Pahabol mencetak gol cantik yang mengarah ke sudut kanan gawang PSM.

Persipura masih memiliki peluang lagi dengan melibatkan kerja sama Hedipo dan Pahabol di menit ke-38, tapi masih diamankan oleh Hilman Syah. Babak pertama berakhir dengan kedudukan sama kuat 1-1.

Permainan terbuka antara PSM dan Persipura tidak mengalami perubahan di babak kedua. Setelah tidak banyak menghadirkan peluang, Persipura memperoleh kans untuk membalikkan keadaan di menit ke-64. Sayangnya, tendangan bebas Hedipo yang menghadirkan kemelut tidak bisa dimanfaatkan Yehven Bokhashvili, karena sontekannya di dekat tiang gawang justru melenceng.

PSM selanjutnya mendapatkan dua peluang berturut-turut melalui Yakob. Kans pertama diperoleh Yakob pada menit ke-67, tapi dapat dipatahkan kiper. Selang satu menit kemudian Yakob terlambat menyambut umpan Yance Sayuri.

Persipura memberikan respons pada menit ke 75. Sayangnya tendangan Pahabol masih mengenai mistar. Pahabol sepertinya tidak dipayungi keberuntungan di babak kedua. Sebab, tendangannya di menit ke-86 kembali menghajar mistar gawang yang membuat kapten Persipura ini bertelak pinggang sambil menggelengkan kepala.

Menjelang pertandingan berakhir, Persipura mendapat peluang emas untuk tampil sebagai pemenang. Sayangnya, Bokhashvili yang berdiri bebas ketika menerima umpan Pahabol malah membuang peluang itu, karena sepakannya melenceng. Skor imbang 1-1 pun akhirnya menutup pertandingan.

Tambahan satu poin membawa PSM naik satu tingkat ke posisi sembilan dengan 18 poin. Sementara itu, Persipura masih tertahan di urutan ke-17 dengan 9 poin.

Susunan Pemain

PSM (4-3-3): Hilman Syah (kiper); Zulkifli Syukur, Serif Hasic, Hasyim Kipuw, Abdul Rachman (belakang); Rasyid Bakri, M. Arfan, Wiljan Pluim (tengah); Yakob Sayuri, Anco Jansen, Ilham Udin Armaiyn (depan).

Pelatih Interim: Syamsuddin Batola.

Persipura (4-3-3): Fitrul Dwi Rustapa (kiper); Muhammad Tahir, Israel Wamiau, Brian Fatari, David Rumakiek (belakang); Takuya Matsunaga, Nelson Alom, Hedipo Gustavo (tengah); Elisa Basna, Yevhen Bokhasvili, Feri Pahabol (depan).

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *