Persiapan Alutsista dan Personel untuk Pilkada

Dalam rangka persiapan menjelang Pilkada serentak tahun 2024, Kakorpolairud Baharkam Polri, Irjen Pol M. Yassin Kosasih, S.I.K., M.Si., M.Tr.Opsla., mengadakan pertemuan dengan seluruh Dirpolairud Polda Jajaran di Gedung RP. Soedarsono Mako Ditpolair Korpolairud Baharkam Polri. Pertemuan ini bertujuan untuk meningkatkan koordinasi dan kesiapan jajaran Polairud dalam mengamankan setiap tahapan Pilkada serentak.

Dalam sambutannya, Irjen Yassin menekankan pentingnya kesiapan yang matang dalam menghadapi berbagai potensi gangguan keamanan dan ketertiban yang mungkin terjadi selama proses pemilu dan Pilkada.

“Setiap tahapan pemilu dan Pilkada memiliki potensi gangguan keamanan dan ketertiban yang berbeda-beda dengan eskalasi yang juga berbeda-beda sehingga perlunya kesiapan dalam mengamankan jalannya Pilkada. Ini termasuk mapping kerawanan, rencana pengamanan (Renpam), langkah-langkah antisipasi, dan mitigasi bila ada konflik, pelaporan, dan evaluasi,” jelasnya.

Irjen Yassin juga menginstruksikan kepada seluruh Dirpolairud Polda jajaran untuk mempersiapkan alutsista dan personel dengan baik.

“Laksanakan latihan kemampuan (Latkatpuan), maksimalkan peran Polisi RW dalam pendekatan dengan tokoh masyarakat (Tomas), tokoh agama (Toga), dan tokoh adat (Toda) di wilayah maritim,” ujar Irjen Yassin.

Selain itu, Irjen Yassin menekankan pentingnya kolaborasi dengan unsur Polda lainnya, seperti Binmas dan Sabhara, dalam mengelola situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (Sitkamtibmas).

“Perlunya berkolaborasi dengan unsur Polda (Binmas dan Sabhara) dalam mengelola Sitkamtibmas agar seluruh tahapan Pilkada serentak tahun 2024 dapat berjalan dengan aman, lancar, dan demokratis,” imbuhnya.

Di akhir sambutannya, Kakorpolairud Baharkam Polri berharap seluruh Dirpolairud Polda jajaran dapat mempedomani arahan Direktif Kabaharkam Polri dalam bidang preemtif, preventif, dan penegakan hukum (Gakkum) dalam menjalankan operasional organisasi ke depannya.

Irjen Yassin juga menekankan bahwa keberhasilan pengamanan Pilkada serentak ini sangat bergantung pada kesiapan dan kerjasama semua pihak terkait.

Pertemuan tersebut dihadiri oleh jajaran Dirpolairud dari berbagai Polda, yang semuanya berkomitmen untuk menjalankan arahan dan persiapan yang telah ditetapkan demi suksesnya pelaksanaan Pilkada serentak tahun 2024.

Dengan rapat koordinasi ini, diharapkan seluruh jajaran Polairud dapat memberikan kontribusi maksimal dalam menjaga keamanan dan ketertiban selama proses Pilkada berlangsung

Selanjutnya Silakan Baca Berita Kami Di GoogleNews

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *