Perjanjian Larangan Senjata Nuklir Diberlakukan Januari 2021

0
(0)


Moskow: Perjanjian Pelarangan Senjata Nuklir (TPNW) akan mulai diberlakukan pada 22 Januari 2021, menurut Kampanye Internasional Penghapusan Senjata Nuklir (ICAN) dalam sebuah pernyataan pada hari Sabtu (24/10/2020.

“Pada 24 Oktober 2020, Perjanjian PBB tentang Larangan Senjata Nuklir mencapai 50 negara pihak yang dibutuhkan untuk pemberlakuannya, setelah Honduras meratifikasi sehari setelah Jamaika dan Nauru menyerahkan ratifikasinya. Dalam 90 hari, perjanjian itu akan masuk pemberlakuan, memperkuat larangan kategoris pada senjata nuklir, 75 tahun setelah penggunaan pertama,” kata pernyataan itu.

Sebelum adopsi TPNW, senjata nuklir adalah satu-satunya senjata pemusnah massal yang tidak dilarang berdasarkan hukum internasional, terlepas dari “konsekuensi bencana kemanusiaan”, menurut pernyataan itu, seperti dikutip dari TASS, Minggu (25/10/2020).

“Ini adalah babak baru pelucutan senjata nuklir. Beberapa dekade aktivisme telah mencapai apa yang dikatakan banyak orang tidak mungkin: senjata nuklir dilarang,” kata Direktur Eksekutif ICAN Beatrice Fihn.

Perjanjian tentang Larangan Senjata Nuklir diadopsi di New York pada 7 Juli 2017, dengan pemungutan suara dari 122 negara anggota PBB setelah sejumlah pembicaraan, sementara negara-negara nuklir, termasuk Rusia, Inggris, Cina, AS dan Prancis, tidak berpartisipasi. Setiap negara pihak berjanji “tidak pernah dalam keadaan apa pun” untuk mengembangkan, menguji, memproduksi, membuat, memperoleh, memiliki atau menimbun senjata nuklir atau alat peledak nuklir lainnya, serta menggunakan atau mengancam untuk menggunakannya.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Khabib Nurmagomedov Umumkan Pensiun setelah Tumbangkan Gaethje

Sun Oct 25 , 2020
0 (0) Jakarta – Khabib Nurmagomedov mengumumkan dirinya pensiun sebagai petarung bela diri campuran profesional, setelah mengalahkan Justin Gaethje pada UFC 254, Sabtu setempat atau Minggu dini hari WIB. Dia mengakhiri perlawanan Gaethje pada ronde kedua dengan kemenangan submission, di mana ia menggunakan “triangle choke” yang membuat petarung AS itu […]