Per Hari Ini, 4.265 Surat Izin Melintas Diterbitkan Pemprov DKI

0
(0)

Jakarta – Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta melalui Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PM-PTSP) telah menerbitkan 4.265 surat izin keluar-masuk (SIKM). Artinya, ribuan orang diperbolehkan untuk meninggalkan dan memasuki ibu kota.

Adapun permohonan yang telah dilakukan penelitian administrasi dan teknis, yakni 2.642 menunggu divalidasi penjamin/penanggung jawab dan 38.052 permohonan atau 76,9 persen ditolak. Ketentuan perihal SIKM tertuang dalam Peraturan Gubernur (Pergub) DKI Nomor 47 Tahun 2020 tentang pembatasan kegiatan berpergian keluar dan/atau masuk Provinsi DKI Jakarta dalam upaya mencegah penyebaran Covid-19, sehingga akses keluar-masuk ibu kota kini benar-benar diperketat.

“Sejak dibuka pada hari Jumat (15/5) lalu, total 630.825 pengguna berhasil mengakses perizinan SIKM. Tercatat 49.483 permohonan SIKM yang diterima. Dari total permohonan yang diterima tersebut, terdapat 4.524 permohonan masih dalam proses karena baru saja diajukan pemohon,” ujar Kepala Dinas PM-PTSP DKI, Benni Aguscandra, melalui keterangan tertulis yang diterima Indonesiainside.id, Rabu (3/6).


Benni memaparkan, bahwa waktu penyelesaian permohonan perizinan tergantung dari lamanya validasi penjamin/penanggungjawab dan kelengkapan berkas persyaratan. Jika benar dan lengkap, maka estimasi waktu penyelesaian permohonan SIKM selama satu hari kerja.

“Durasi waktu penjamin/penanggung jawab melakukan validasi perizinan SIKM rata-rata selama 5 jam dari permohonan diajukan bahkan ada yang divalidasi penjamin hanya 1,2 menit. Namun, jika penjamin/penanggung jawab tidak melakukan validasi lebih dari 3×24 jam maka permohonan otomatis dibatalkan dan/atau ditolak/tidak disetujui,” paparnya.

Ia menuturkan, permohonan yang ditolak lantaran mereka tak dapat memenuhi ketentuan proses verifikasi dalam penelitian administrasi dan penelitian teknis perizinan. Benni memastikan seluruh proses verifikasi penelitian administrasi dan penelitian teknis permohonan perizinan/nonperizinan senantiasa dilakukan dengan benar dan tepat, sesuai peraturan perundangan yang berlaku.

“Salah satunya, kegiatan perjalanan pemohon tidak termasuk dalam penugasan/bidang pekerjaan di sebelas sektor yang diizinkan selama pandemi Covid-19. Melalui komitmen amanah, dedikasi sepenuh hati, Dinas PM-PTSP DKI Jakarta senantiasa menghadirkan pelayanan publik yang Prima di Jakarta,” tuturnya.

Pengajuan SIKM bisa diperoleh melalui laman resmi milik Pemprov DKI, corona.jakarta.go.id. Di sana, masyarakat dapat mengurus dan melengkapi formulir yang sudah tersedia. (05/ SPA)

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Ditengah Pandemi COVID -19, IAKI dan KOICA Indonesia Saluran Bantuan APD Dan Masker N95

Thu Jun 4 , 2020
Post Views: 0 0 (0) Hariannasional.com, Jakarta – Bahu-membahu dalam upaya penanganan pandemi corona COVID-19 terus diperlihatkan berbagai pihak, termasuk Ikatan Alumni KOICA Indonesia (IAKI ) Dan Korea International Cooperation Agency (KOICA) Indonesia mengambil andil dalam dalam meringankan beban para medis. Bertempat di Puskesmas Kecamatan Pasar Rebo Jakarta Timur, IAKI […]