Friday, May 7

Penipu Rekrut Citilink Ternyata Tukang Rias Pengantin

Tangerang: Terduga pelaku demgan modus perekrutan karyawan Masakapai Citilink beriniaial NAP ternyata tukang rias atau make up pengantin.

Bahkan, saat ini terduga pelaku tengah melakukan isolasi mandiri, karena dari hasil swab dinyatakan positif Covid-19.

“Terduga tersangka profesi sebenarnya adalah tukang rias pengantin,” ungkap Kompol Ahmad Alexander Yurikho, Kasat Reskrim Polresta Bandara Soekarno Hatta kepada rri.co.id, Senin (8/2/2021).

Dia menjelaskan, awalnya tersangka bertemu dengan korban Andiyansah dan mengajak korban beserta isterinya untuk bekerja sebagai petugas countet check in di Maskapai Citilink.

Kepada korban, NAP mengaku, bisa membantu korban menjadi pegawai tetap dengan meminta sejumlah uang.

“Agar diterima, NAP meminta uang secara bertahap dengan total Rp 34.637.700. Dengan dalih untuk keperluan biaya masuk kerja, uang seragam dan training,” tutur Alex.

Tersangka menjanjikan korban penempatan kerja di Bandara Soekarno-Hatta, hingga gaji bulanan sebesar Rp 5 juta. Namun, sejak korban menyetorkan uang di bulan November lalu, pelaku tidak kunjung menepati janjinya. Pelaku hanya membuat grup WhatsApp yang seolah-olah adalah grup resmi dari kantor.

“Tersangka ini membuat grup WA (WhatsApp, Red) untuk meyakinkan kalau sudah diterima bekerja di Citilink. Grup itu seolah-olah dari kantor untuk absensi karyawan,” lanjut Alex.

Menutupi kecurigaan korban, tersangka mengatakan bahwa selama ini sudah diterima bekerja namun dengan sistem Work From Home (WFH) karena pandemi. Setiap harinya, para korban diwajibkan absen di grup tersebut, lengkap dengan nomor ID pegawai.

“Jadi dibilangnya sudah diterima namun harus bekerja WFH karena pandemi,” imbuh Alex.

Sebelumnya diberitakan, polisi menangkap seorang pria terduga pelaku penipuan berinisial NAP di Wisma Garuda, Jalan Duri Kosambi, Jakarta Barat pada, Rabu (13/1/2021).

Pria berusia 27 tahun itu duduga melakukan penipuan dan penggelapan kepada enam orang korban untuk dijadikan karyawan maskapai Citilink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *