Penggunaan Sirekap Jika Belum Siap, Doli Ultimatum KPU

Jakarta – Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan atau akrab Zulhas mengatakan, mulai pekan depan, harga eceren tertinggi (HET) dari minyak goreng kemasan, MinyaKita, akan mengalami perubahan per liternya.

Harga MinyaKita naik Rp1.700 dari harga Rp14 ribu menjadi Rp15.700 per liter.

“MinyaKita harganya minggu depan sudah disesuaikan Rp 15.700,” kata Zulhas di Daerah Istimewa Yogyakarta, pada Sabtu, 6 Juli 2024.

Zulhas memastikan, MinyaKita masih mudah diperoleh di pasaran, karena distribusinya akan merata secara nasional.

Namun, ia meminta kepada masyarakat yang mengalami kesulitan mendapatkan Minyakita, untuk segera melapor ke Kementerian Perdagangan (Kemendag).

“Lapor saja, banyak kok (stok) nggak ada masalah,” imbaunya.

Sebelumnya, Zulhas sempat menyampaikan bahwa kenaikan HET MinyaKita tinggal menunggu Permendag dan wacana kenaikan ini telah direncanakan sejak Mei 2024.

Awalnya, diusulkan harga MinyaKita senilai Rp15.500 per liter, tetapi tim kajian mengusulkan harga minyak goreng subsidi sebesar Rp16.000 per liter.

Karena itu, Pemerintah mengambil jalan tengah dengan menetapkan HET MinyaKita Rp15.700 per liter. Sedangkan, HET MinyaKita yang lama senilai Rp14.000 per liter.

Penetapan harga lama ini mengacu pada Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 49 Tahun 2022 tentang Tata Kelola Program Minyak Goreng Rakyat.

“Kita memang akan bahas, semua sudah naik, ya harus kita naikkan, tapi memang sudah layak ya kan sudah dua tahun. Naik Rp 15.000 atau Rp 15.500,” kata Zulhas dalam kunjungannya ke SPPBE PT Satria Mandala Sakti, Koja, Jakarta Utara, Senin, 28 Mei 2024.

Selanjutnya Silakan Baca Berita Kami Di GoogleNews

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *