by

Penggunaan QRIS, Bank Indonesia Melanjutkan Ekspansi

Jakarta: Bank Indonesia (BI) melanjutkan ekspansi penggunaan Quick Respond Code Indonesian Standard (QRIS) dalam pembayaran nontunai, dengan target 26 juta pengguna .

Untuk itu BI akan memperluas penggunaan QRIS hingga lintas negara, kemudian mengembangkan sejumlah fitur demi semakin mempermudah penggunanya dalam menyelesaikan pembayaran.

“Sampai Maret kemarin, pengguna QRIS tercatat sudah 16.5 juta merchant, dan 89 persen dari kelompok usaha kecil menengah. Ini menunjukkan bahwa ekonomi digital bukan hanya dominasi kelompok masyarakat menengah atas,” kata Kepala Departemen Kebijakan Sistem Pembayaran Bank Indonesia, Filianingsih Hendarta, dalam Taklimat Media ‘Serambi Rupiah Ramadan’ di Jakarta, Senin (4/4/2022).

Artinya, BI menurutnya bukan hanya berupaya meningkatkan jumlah merchant yang memanfaatkan QRIS, tapi juga jumlah pengguna QRIS di kalangan konsumen.

Apalagi sekarang fitur QRIS memberikan layanan semakin beragam, dan membuat transaksi pembayaran menjadi lebih mudah, cepat, dan aman.

“Ada fitur TTS atau transfer, tarik, setor uang. Fitur ini akan membantu user untuk top up saldo dan pengisian tabungan atau sumber dana. Tidak hanya dari tabungan atau dompet digital, tapi juga dari kartu kredit dan kredit PayLater,” ungkapnya.

Selain itu, BI juga telah meningkaykan limit transaksi dengan QRIS, dari semula Rp5 juta menjadi Rp10 juta.

“Kami akan melakukan perluasan penggunaan QRIS ke 250 pasar tradisional dan mall, termasuk ke komunitas-komunitas agama kemasyarakatan, termasuk destinasi-destinasi swasta,” ungkap Filianingsih.

Untuk penggunaan lintas negara, QRIS kini sudah dapat digunakan di Malaysia dan Thailand.

Rencananya, akan diperluas lagi hingga Arab Saudi.

“Ke depannya BI akan mendorong penggunaan QRIS untuk transaksi pemerintah daerah seperti pembayaran pajak, atau pembayaran STNK. Itulah sebabnya BI meningkatkan jumlah nominal transaksi agar masyarakat terfasilitasi dan leluasa berbelanja, membayar, maupun berdonasi menggunakan QRIS,” pungkasnya.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.