Friday, April 16

Pengamat: Sekolah Swasta Bisa Tutup Kalau Wali Murid Tak Mau Bayar SPP

Jakarta – Saat ini dunia pendidikan sedang menghadapi situasi pandemi Covid-19 yang membahayakan jiwa warga negara dan keselamatan anak didiknya. Terlebih lagi perekonomian sedang susah karena banyak kegiatan produksi barang dan jasa terhenti sehingga berimbas ke masyarakat.

Pengamatan Pendidikan, Doni Koesoema, meminta pemerintah memperhatikan institusi pendidikan dalam menghadapi segala risiko hingga pendidikan kembali normal. Ini karena beberapa sekolah mengaku tidak mendapatkan pembayaran SPP karena orang tua wali murid juga sedang susah secara ekonomi akibat Covid-19.

“Di Tangerang Selatan sudah ada kelompok orang tua yang tak mau bayar SPP karena anak-anak mereka sekolah libur. Untuk itu, pemerintah harus mendukung sekolah swasta agar tetap hidup,” katanya, kepada Indonesiainside.id, Ahad (19/4).

Dilanjutkannya, terkait tuntutan orang tua yang meminta adanya keringanan membayar uang sekolah, hingga kini belum ada pernyataan resmi dari pemerintah.

Oleh karena itu, pemerintah harus memiliki kebijakan tegas agar sekolah swasta tidak mati, misalnya memberikan penegasan bahwa selama Covid-19 orang tua tetap melakukan kewajibannya di sekolah-sekolah kecuali sekolah memiliki ketentuan lain, misalnya atas inisiatif sekolah memberi keringanan pembayaran uang sekolah.

“Bila tak ada dukungan dan penegasan dari Kemendikbud melalui surat edaran atau komunikasi publik, dikhawatirkan banyak sekolah akan tutup,” ungkapnya.

Terkait dengan kebijakan sekolah meringankan pembayaran sekolah di tengah wabah Covid-19, Doni mengatakan sekolah dibantu pemerintah melalui Bantuan Operasional Sekolah (BOS), tapi yang sekolah swasta bisa mati dan tutup kalau orang tua tak mau bayar uang sekolah.

“Sementara tuntutan belajar daring sangat membebani guru, siswa, dan orang tua karena mereka harus beli pulsa untuk isi kuota,” terangnya.

Dirinya juga mengimbau ada keseriusan dan kesungguhan pemerintah serta masyarakat agar masa pembatasan sosial berskala besar (PSBB) efektif dan mampu memutus rantai penyebaran Covid-19. “Makin cepat pandemi ini usai, akan lebih baik bagi dunia pendidikan dan juga bagi semua,” pungkasnya. (EP)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *