Pengacara HRS Buka Opsi Praperadilan

0
(0)

Jakarta: Pentolan Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab atau HRS dipastikan siap, jika penyidik dari Polda Metro Jaya, Jakarta langsung melakukan penahanan terhadap dirinya.

Akan tetapi, Pengacara HRS, Aziz Yanuar menyebut bahwa pihaknya telah menyiapkan segala sesuatunya jika hal tersebut benar terjadi. Salah satunya yaknill bakal melakukan praperadilan.

“Insya Allah siap, beliau siap dengan segala kemungkinan, karena sebagai seorang pejuang,” ujar Aziz di Mapolda Metro Jaya, Sabtu (12/12/2020).

“Mungkin kami akan ajukan praperadilan (jika HRS ditahan),” tambahnya.

Sebagaimana diketahui, setelah dua kali tidak memenuhi panggilan penyidik, HRS tiba ke Polda Metro Jaya pada Sabtu (12/12/2020) untuk diperiksa sebagai tersangka kasus dugaan pelanggaran Protokol Kesehatan Petamburan.

HRS yang ditemani Sekretaris Umum FPI, Munarman serta beberapa kuasa hukumnya tiba sekitar pukul 10.30 WIB di Gedung Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya dengan menggunakan mobil SUV berwarna putih bernopol B 1 FPI. Seperti bisa, HRS mengenakan baju serba putih, sorban, dan masker.

“Saya datang ke sini untuk menjalani pemeriksaan sesuai undang-undang yang berlaku,” ungkap Rizieq Shihab, di depan Gedung Direktorat Reserse Kriminal Umum PMJ, Sabtu (10/12/2020).

Sejatinya, dalam kasus kerumunan tersebut polisi menetapakan lima tersangka, selain HRS mereka adalah panitia dan penanggungjawab acara yakni, Haris Ubaidillah, Ali Alwi Alatas, Maman Suryadi, Ahmad Sobri Lubis, dan Idrus.

Para tersangka dibidik dengan Pasal 160 Kitab Undang-undang Hukum Pidana tentang menghasut masyarakat supaya melakukan perbuatan pidana sehingga terjadi kedaruratan kesehatan di masyarakat dan Pasal 216 KUHP.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *