by

Penerbangan Malaysia Bebas Masker

Jakarta – Dihapusnya Aturan Memakai Masker dalam Penerbangan Malaysia Bisa Jadi Refleksi Bagi Indonesia

SinPo.id – Kebijakan Malaysia dalam menghapus aturan wajib memakai masker di pesawat, dianggap dapat menjadi refleksi untuk penerbangan di Indonesia.

Wakil Ketua Komisi V DPR RI, Ridwan Bae menilai, kebijakan tersebut dapat menjadi catatan bagi pemerintah Indonesia agar tidak memaksakan masyarakat Indonesia untuk mengenakan masker di pesawat.

“Jadi jangan sampai ada paksaan kepada masyarakat untuk diharuskan memakai masker di pesawat,” kata Ridwan saat ditemui di Gedung DPR RI, Jakarta, Kamis 29 September 2022.

Pihaknya juga menekankan agar sektor penerbangan Indonesia, terus memantau perkembangan terkait dengan kebijakan masker tersebut.

“Tapi akan lebih baik kalau soal kebijakan memakai masker di pesawat dikembalikan lagi kepada kebutuhan masyarakat Indonesia,” imbuh Ridwan.

Selain itu, sektor penerbangan juga dianggap perlu menyiapkan aturan bagi masyarakat yang ingin melepaskan masker di pesawat, namun tetap mengikuti protokol kesehatan.

Karena meski saat ini angka Covid di Indonesia sudah melandai, masyarakat, pemerintah, dan pengelola sektor penerbangan harus tetap bekerja sama untuk tidak lengah.

“Angka covid sudah melandai sekarang jadi bisa sedikit dilonggarkan tapi tetap jangan lengah,” kata Ridwan menambahkan.