by

Pendaftaran MyPertamina Hanya Untuk Kendaraan Roda 4

Jakarta: Direktur Eksekutif Energy Watch Mamit Setiawan mengatakan, pendaftaran QRcode untuk pembelian BBM di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) masih berlaku selama empat belas hari atau dua minggu.

“Kita membutuhkan waktu dua minggu untuk pendaftaran, karena ada proses yang harus di lalui,” kata Mamit dalam perbincangan Pro 3 RRI, Jumat (1/7/2022).

Mamit juga mengatakan, bahwa nantinya masyarakat yang sudah mendaftar tidak langsung mendapatkan QRcode, tetapi membutuh waktu dan butuh proses.

Selain itu, ia menyebut jika masyarakat juga tidak diharuskan untuk mendowload aplikasi MyPertamina.

“Jadi pada prinsipnya kalaupun mereka tidak memiliki aplikasi MyPertamina, namun mereka bisa mendaftar lewat website dan nanti akan dikirimkan QRcode nya lewat email saat pendaftaran,” katanya kembali.

Maka nantinya masyarakat bisa mendowload QRcode tersebut, dan memakainya pada saat mereka melakukan transaksi di SPBU untuk ditunjukkan kepada petugas.

“Jadi transaksinya tidak melalui ataupun menggunakan aplikasi my pertamina jadi pembayaran bisa melalui debit, cash, atau pembayaran lain disetiap SPBU dan pertamina tidak mewajibkan, tetapi ada opsi lain,” jelas Mamit.

Sementara itu, Mami menegaskan, bahwa hingga sampai saat ini yang kendaraan yang diwajibkan untuk mendaftar adalah kendaraan beroda empat.

“Yang sampai saat ini mendaftar harus roda empat, roda dua tidak perlu, jadi diingatkan saat ini hanya roda empat saja yang harus mendaftar,” tegasnya.

Kedepan pihaknya akan terus mengawal terkait kebijakan pemerintah mengenai pendaftaran maupun verifikasi. Karena tujuan awal pemerintah ingin mengurangi dan menyampaikan subsidi tepat sasaran

“Jangan sampai nanti justru verifikasinya justru tidak tepat sasaran dan ini yang harus diperhatikan, saya mengimbau kalaupun memang merasa mampu monggo kita bantu pemerintah dengan mengurangi beban subsidi dan kompensasi yang sangat besar sekali,” tutup Mamit.

Sebagai informasi, PT Pertamina (Persero) mewajibkan pengguna bahan bakar minyak (BBM) jenis Pertalite dan Solar Subsidi melakukan pendaftaran di website MyPertamina mulai 1 Juli 2022.