by

Penanganan Sampah Di Indonesia ,InSWA : Berikan Pamahaman Kekurangan Informasi Terkait Pengelolaan Sampah

Jakarta – Indonesia merupakan negara yang memiliki jumlah penduduk terbanyak ke-4 di dunia yaitu 264 juta jiwa. Jumlah penduduk yang banyak tersebut berpengaruh pada jumlah sampah yang dihasilkan.

Semakin tinggi jumlah penduduk, semakin banyak jumlah sampah yang dihasilkan. Perkembangan industri dan teknologi juga dapat membawa dampak negatif salah satunya menambah volume, jenis, dan karakteristik sampah yang semakin beragam

jadi Masalah sampah di Indonesia makin menggunung bahkan Indonesia bisa di katakan darurat sampah.

Dari data yang diperoleh, siklus sampah biasanya berawal dari rumah, pembersihan dan pengumpulan, TPS, pengangkutan ke TPA dan berakhir di TPA.

Rentetan kasus yang terjadi inilah Dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2022 serta mendukung kegiatan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Indonesia Solid Waste Association (InSWA) mengadakan diskusi dan launching buku Dengan tema “Kebersihan adalah Investasi, Sampahku Tanggung Jawabku, sebuah filosofi dan panduan pengelolaan sampah untuk lingkungan bersih dan sehat”.

Sebagai Keynote Speaker Ir. Sarwono Kusumaatmadja, Menteri Lingkungan Hidup 1993 – 1998 menyampaikan persoalan sampah di negeri ini menjadi persoalan kita semua.

“Sampah merupakan material sisa setelah berakhirnya suatu produksi atau kegiatan. Sampah memiliki tiga dampak yang signifikan bagi kehidupan masyarakat, yaitu terhadap kesehatan masyarakat, lingkungan, dan sosial ekonomi”,ujarnya Di Jakarta,(3/7/2022)

Kita ketahui, Pemerintah tidak bisa bekerja sendiri dalam pengelolaan sampah Diperlukan peran swasta dalam pengelolaan sampah khususnya pengelolaan yang berdampak langsung terhadap perekonomian masyarakat, Jadi keterlibatan semua pihak sangat penting untuk dapat mengelola sampah dengan baik.

Ketua Dewan Pembina Indonesia Solid Waste Association (InSWA), Ir. Sri Bebassari, M.Si juga menyampaikan Dengan melounching buku “Kebersihan adalah Investasi, Sampahku Tanggung jawabku, sebuah filosofi dan panduan pengelolaan sampah untuk lingkungan bersih dan sehat” ingin memberikan kontribusi dan sumbangan pemikiran untuk mengisi kekurangan informasi dan pemahaman terkait pengelolaan sampah.