Penanganan Covid-19, Pakar: Jangan Bawa Anak ke Tempat Keramaian

0
(0)

Banjarmasin – Anggota Tim Pakar Universitas Lambung Mangkurat (ULM) untuk Percepatan Penanganan Covid-19 di Kalimantan Selatan Prof Dr dr Syamsul Arifin MPd mengingatkan orang tua untuk tidak membawa anaknya di tempat keramaian selama pandemi.

“Selama ini kita lihat masih banyak orangtua terkesan abai menjaga anaknya dari ancaman penularan Covid-19. Seperti mengajak anak ke pasar atau pusat perbelanjaan tanpa dilengkapi masker dan pelindung wajah,” kata Syamsul di Banjarmasin, Kamis (23/7).

Menurut Syamsul, sekalipun anak kecil telah dilengkapi masker dan pelindung wajah saat beraktivitas di luar rumah atau tempat keramaian penularan tetap rawan terjadi.
Dijelaskan Syamsul, pandemi Covid-19 sifatnya komunal, sehingga menyebarannya rentan terjadi di kerumunan tempat berkumpulnya banyak orang.

Terbukti dari pola penularannya terjadi pada satu sumber tempat yang sama yang kerap disebut klaster. “Apalagi masker yang digunakan anak kecil terkadang melorot hingga ke bawah alias tak lagi menutupi hidung. Hal ini tanpa disadari membahayakan rentannya penularan. Jangankan anak kecil, orang dewasa saja kerap salah ketika memakai masker sesuai standar kesehatan,” ungkap Guru Besar Ilmu Kesehatan Masyarakat Fakultas Kedokteran ULM itu.

Apalagi, kata dia, Organisasi Kesehatan Dunia atau World Health Organization (WHO) sudah menyatakan jika virus corona dapat melayang dan bertahan di udara selama delapan jam. Untuk itu, Syamsul mengingatkan masyarakat semakin waspada dikarenakan penyebaran Covid-19 kini tak hanya ditularkan dari kontak antarmanusia.

Namun juga bisa terpapar ketika seseorang menghirup udara yang terkontaminasi virus corona ataupun tersentuh benda di sekitar yang kemudian tangan menyentuh area wajah. “Jadi untuk saat ini sebaiknya anak jangan dibawa pada aktivitas komunitas yang sangat ramai dulu. Sebisanya tetap di rumah. Jika pun harus bepergian, pastikan protokol kesehatan diterapkan secara ketat termasuk untuk anak,” tuturnya. (ASF/ANT)

Berita ini telah tayang di Indonesiainside.id dengan link https://indonesiainside.id/news/nasional/2020/07/23/penanganan-covid-19-pakar-jangan-bawa-anak-ke-tempat-keramaian

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

PDIP Tepis Isu Deng Ical-Fadli Kekurangan Dukungan Partai di Pilkada Makassar

Fri Jul 24 , 2020
0 (0) Makassar – Sekretaris DPD PDIP Sulsel Rudy Pieter Goni menepis isu kekurangan dukukungan partai politik (parpol) terhadap pasangan Syamsu Rizal alias Deng Ical dan Dokter Fadli Ananda (Dilan) yang akan bertarung di Pilkada Makassar. “Mengenai kecukupan partai, tenang-tenang aja. Yang pasti kita siap mengikuti pilkada serentak,” kata dia […]