Pemungutan Suara di Luar Negeri, KPU Pastikan Lancar

Jakarta – Komisioner KPU RI Idham Holik memastikan, pemungutan suara di luar negeri berjalan lancar. Proses pendistribusian logistik Pemilu 2024 pun tidak menemui kendala berarti.

Ia mengatakan, sebagian Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) sudah melakukan pemungutan suara. “Pemungutan suara dilakukan melalui pos, Kotak Suara Keliling (KSK), serta TPSLN,” kata Idham kepada Pro3 RRI, Jumat (9/2/2024).

Idham menyebut, proses pemungutan suara di luar negeri sudah sesuai dengan peraturan berlaku. Pengaturan kehadiran pemilih di TPSLN (Tempat Pemungutan Suara Luar Negeri) pun sudah diatur dalam pedoman teknis.

“Di mana, KPPSLN (Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara Luar Negeri) menulis waktu yang dipilih sebaiknya jam berapa datangnya ke TPS. Khusus untuk pemungutan suara di luar negeri berlangsung selama 10 jam,” ujarnya.

Idham lalu menjelaskan tentang apabila pemilih di luar negeri tidak terdaftar dalam DPT Luar Negeri. Jika demikian, menurutnya, harus dipastikan pemilih tersebut terdaftar dalam DPT Tambahan Luar Negeri.

“DPT Tambahan Luar Negeri ini adalah pemilih yang tidak bisa menggunakan hak pilih di TPS asal. Digunakan di TPS lainnya di luar negeri,” ucapnya.

Selanjutnya, kata Idham, data pemilih tersebut harus dimasukkan ke dalam Daftar Pemilih Khusus (DPK). DPK memuat daftar pemilih yang belum terdaftar sama sekali, baik di DPTLN, maupun DPT Tambahan LN.

“Jadi pada dasarnya apabila ada WNI yang tinggal di luar negeri dan memenuhi persyaratan. Maka yang bersangkutan bisa menggunakan hak pilihnya,” katanya.

Idham menekankan, dalam menggunakan hak pilihnya, setiap pemilih di luar negeri harus menunjukkan paspornya masing-masing. “Itu harus dipenuhi dalam memilih,” ujarnya.

KPU menetapkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu 2024 di dalam dan luar negeri sebanyak 204.807.222 pemilih. Dengan demikian, surat suara juga dicetak berdasarkan jumlah DPT, ditambah 2 persen per TPS.

Selanjutnya Silakan Baca Berita Kami Di GoogleNews

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *