Thursday, June 24

Pemudik Jakarta, 1.064 Pemudik Positif Covid-19

Jakarta: Ketua Komite Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC-PEN) Airlangga Hartarto menyebutkan, ribuan orang terinfeksi positif Covid-19 saat dilakukan random test antigen, ketika mereka menuju wilayah Jabodetabek.

“Hasil random test pelaku perjalanan dari Jawa ke Jakarta, diperiksa melalui rapid test antigen di penyekatan 156.162 orang, yang terkena Covid 0.6 persen atau 1.064 orang,” kata Airlangga dalam jumpa pers daring di kanal YouTube Sekretariat Presiden, seperti dikutip RRI.co.id, Senin (24/5/2021).

Sementara itu, berdasarkan hasil pemeriksaan dengan GeNose, ada 6.925 orang yang dinyatakan positif dari 340.047 orang yang diperiksa.

Airlangga sebelumnya juga memastikan pemerintah terus memantau perkembangan penyebaran Covid-19 pascalibur lebaran.

Sebab, belakangan pemerintah menemukan ada sejumlah klaster penyebaran akibat libur Lebaran.

BACA JUGA: Siap Masuk Jabodetabek, 532 Pemudik Positif Covid-19

“Kemarin pasca-ramadan dan Idulfitri, dimonitor dengan kegiatan PPKM mikro ada kasus klaster tarawih (Pati, Banyumas, Banyuwangi, Malang) klaster mudik (Klaten, Cianjur, Garut), klaster halal bi halal di Cilangkap dan pelaku perjalanan perumahan di Bogor,” ungkap Airlangga.

Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin, sebelumnya mengatakan momen libur Lebaran memiliki potensi lonjakan kasus positif Covid-19 sebesar 30 sampai 80 persen.

Salah satu langkah antisipasi pemerintah terhadap lonjakan kasus Covid yakni menyiapkan ketersediaan tempat tidur di rumah sakit.

Kendati demikian, Budi tetap berharap tidak terjadi peningkatan kasus Covid-19 usai libur lebaran.

Secara nasional, ketersediaan tempat tidur saat ini berjumlah sekitar 390 ribu unit.

Dari jumlah itu, ada sekitar 70 ribu tempat tidur yang dikhususkan untuk pasien Covid-19.

Kemudian, untuk kapasitas ICU, dari sekitar 22 ribu unit, sebanyak 7.500 di antaranya dikhususkan untuk pasien positif virus Corona.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *