by

Pemuda Tangerang Tak Terselamatkan, Meskipun Berenang Menggunakan Galon

Tangerang: Berenang menggunakan galon air mineral, seorang pemuda bernama Ridho (22) tenggelam dan tidak terselamatkan.

Humas Kantor SAR Jakarta, Ramli Prasetio menjelaskan, setelah dilakukan pencarian oleh petugas gabungan, korban ditemukan dalam keadaan meninggal dunia di sekitar lokasi, kawasan Danau Batusari, Kecamatan Batuceper, Kota Tangerang, Banten.

“Korban akhirnya kita temukan tadi pagi sekitar pukul 09.06 WIB di sekitar lokasi kejadian dan kita serahkan kepada keluarga korban untuk proses selanjutnya.” ujarnya, Kamis (3/2/2022).

Pada kegiatan ini, 30 personel SAR gabungan yang terdiri dari Kantor Pencarian dan Pertolongan Jakarta, Polsek Batuceper, BPBD Kota Tangerang, Damkar Kota Tangerang, Koramil Batuceper, Kelurahan Batusari, PMI Kota Tangerang, Tagana Kota Tangerang, Korps Marinir TNI AL, Satpol PP Batuceper, SAR MTA, IEA Kota Tangerang, Brigade 1016 serta masyarakat ikut bergerak mencari.

Dijelaskan Ramli, pencarian pada hari ini dilakukan dengan membagi area pencarian menjadi tiga. Di mana SRU pertama melakukan pencarian dengan penyisiran di atas permukaan air menggunakan rubber boat dengan luas area pencarian kurang lebih 500 m2 di sekitar lokasi kejadian.

Kemudian SRU kedua melakukan pencarian dengan pengamatan secara visual di jalur darat dengan radius 1 km dari lokasi kejadian.

“Dan SRU ketiga melakukan pencarian dengan penyisiran di bawah air dengan menggunakan underwater searching device dan aqua eye serta melakukan penyelaman dengan kedalaman lima meter di bawah permukaan air,” paparnya.

Salah satu warga setempat, Rahmat menjelaskan, kejadian tenggelamnya korban bermula pada Rabu, sekitar pukul 18.25 WIB.

Saat itu korban hendak berenang bersama kedua rekannya menggunakan galon air mineral di Danau Batusari.

”Saat berenang tiba-tiba galonnya terlepas dari genggamannya hingga menyebabkan korban tenggelam. Kita sempat kasih pertolongan tapi korban tidak bisa diselamatkan,” ujar Rahmat.

Mendapat laporan warga yang tenggelam, Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Jakarta selaku SAR Mission Coordinator (SMC), Hendra Sudirman dalam operasi SAR langsung melakukan pencarian di lokasi.

”Kita turunkan personel rescue lengkap dengan Peralatan SAR air yang dimiliki untuk bergabung dengan unsur yang ada di lokasi melakukan operasi SAR terhadap korban,” demikian Hendra.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.