Pemilu 2024, KPU Luncurkan Prangko

Jakarta – KPU RI meluncurkan prangko resmi seri Pemilu 2024. Peluncuran perangko pemilu tersebut, diumumkan KPU melalui laman kpu.go.id, pada Jumat (1/12/2023) lalu.

Dalam proses penerbitan dan pendistribusian prangko tersebut, KPU bekerja sama dengan Kemenkominfo dan PT Pos Indonesia. “KPU bersama Kemkominfo dan PT Pos Indonesia menerbitkan prangko seri Pemilu Serentak tahun 2024,” kata keterangan pers KPU RI, Minggu (2/12/2023).

Prangko seri Pemilu Serentak 2024 itu, mengusung tema utama ‘Pemilu sebagai Sarana Integrasi Bangsa’ dengan tiga desain menarik. Desain pertama menampilkan maskot Sura Sulu, desain kedua menggambarkan bangunan KPU dengan bendera partai politik.

Yang ketiga, terdapat jari kelingking celup tinta ungu. Tema tersebut diusung, sebagai komitmen bersama antara penyelenggara, peserta, dan pemangku kepentingan Pemilu 2024.

Dengan mengangkat tema tersebut, KPU berharap, masyarakat meresapi makna bahwa perbedaan politik adalah bagian dari demokrasi. “Perbedaan seharusnya tidak memecah belah persatuan bangsa Indonesia,” ucap KPU.

Desain keserentakan dalam Pemilu 2024 tidak hanya menjadi estetika visual. Tetapi juga menjadi harapan dan cita-cita KPU untuk pemilu yang damai, demokratis, berintegritas, serta menjadi momen bersejarah.

Adapun beberapa faktor yang menjadi kunci terwujudnya pemilu sebagai sarana integrasi bangsa. Pertama, KPU berkomitmen untuk menyelenggarakan pemilu sesuai norma yang berlaku.

Kedua, dari sisi peserta pemilu, diharapkan proses kontes politik itu diikuti dengan mematuhi peraturan yang berlaku. Ketiga, peran pemilih sangat penting dengan harapan warga yang memiliki hak pilih dapat menjadi pemilih berdaulat dan cerdas.

Selanjutnya Silakan Baca Berita Kami Di GoogleNews

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *