by

Pemerintah Tindaklanjuti Hasil KTT G20 Secara Detail

Jakarta: Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi menyampaikan, pemerintah akan menindaklanjuti kesepakatan yang dicapai pada KTT G20 secara detail. Retno mengatakan, hasil kesepakatan yang diraih selama penyelenggaraan G20 sangat banyak.

Hal tersebut disampaikan Menlu usai mengikuti Rapat Terbatas (Ratas) mengenai Evaluasi Pelaksanaan G20, di Kantor Presiden, Senin (28/11/2022).

“Seperti pada saat kita melakukan ‘Gawe’ G20 ini akan menjadi kerja keroyokan bareng-bareng untuk menindaklanjuti. Nanti akan ada beberapa orang yang ditugaskan untuk mengawal,” kata Menlu.

Retno mengungkapkan, setiap selesai menyelenggarakan perhelatan, Presiden Jokowi selalu meminta jajarannya untuk menindaklanjuti hasil dari gelaran tersebut. “Ini betul-betul gaya Bapak Presiden bahwa setelah semua perhelatan selesai, maka selalu kami-kami ditagih dengan tindak lanjutnya,” ujarnya.

Menlu berujar, Presiden telah menugaskan beberapa menteri untuk menindaklanjuti hasil KTT G20. Tindak lanjut tersebut meliputi sisi ekonomi, investasi, maupun politik.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mendapat tugas menindaklanjuti hasil di bidang investasi. Menlu sendiri menindaklanjuti urusan politik.

Selain itu, ada pula kerja sama bersifat umum di luar isu investasi dan politik. Hal ini akan ditindaklanjuti oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto.

Menlu juga menjelaskan, kesepakatan para pemimpin G20 untuk menghasilkan Deklarasi Bali menunjukkan Indonesia mendapat kepercayaan. Kepercayaan dari negara-negara dunia itu untuk menjembatani perbedaan tajam, lebar, dan dalam.

“Perbedaan masih ada tetapi kita dapat mengumpulkan komitmen kerja sama dari negara-negara G20. Ini tertuang dalam Deklarasi yang 52 paragraf tersebut,” ucapnya.