by

Pemerintah Jamin Keamanan, Mutu, Khasiat Vaksin Covid-19

Jakarta: Pemerintah Indonesia menerima kedatangan 16 juta dosis vaksin Sinovac dalam bentuk bahan baku (bulk) dari Tiongkok pada Kamis (25/3/2021).

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito mengatakan vaksin Sinovac yang datang di Bandara Soekarno – Hatta itu menambahkan total vaksin yang telah diterima Indonesia menjadi 53,5 juta dosis vaksin berbentuk bulk.

Setelah kedatangan ini, Badan Pengawas Obat dan Makanan (POM) segera melakukan evaluasi.

“Evaluasi kepada vaksin akan dilakukan Badan POM untuk menjamin keamanan, mutu dan khasiatnya,” kata Wiku dalam konferensi pers virtual, Kamis (25/3/2021).

Kedatangan vaksin ini, lanjut Wiku, sejalan dengan upaya pemerintah melakukan akselerasi vaksinasi Covid-19. Selain itu, pemerintah juga telah melakukan berbagai upaya berbentuk program-program preventif dalam penanganan pandemi Covid-19 dalam satu tahun kebelakang, termasuk membentuk pos komando (posko) yang memperkuat kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat tingkat desa dan kelurahan (PPKM Mikro).

Posko-posko ini dinilai efektif melakukan penanganan dan pencegahan penularan virus Covid-19 di tingkatan terkecil dalam masyarakat.

“Posko penanganan Covid-19 merupakan ujung tombak penanganan Covid-19 tingkat desa atau kelurahan merupakan ujung tombak dari keberhasilan dari penyelenggaraan program PPKM Mikro dan program preventif pemerintah lainnya,” pungkasnya.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *