Friday, April 16

Pemerintah Buka Keran Impor Sejumlah Komoditas Pangan dari Gula Pasir hingga Daging Ayam

Jakarta – Pemerintah memastikan stok pangan hingga lebaran nanti masih mencukupi. Namun Pemerintah telah memberikan izin impor bahan pangan seperti cabai merah, cabai rawit, daging ayam dan gula pasir dan akan masuk ke Indonesia pada Mei mendatang.

“Sementara untuk beras, dalam 3 bulan ini sedang panen raya sehingga menjelang lebaran nanti mencukupi,” kata Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto usai rapat terbatas dengan Presiden Joko Widodo pada Selasa (21/4).

Sementara untuk bawang putih, pemerintah juga telah mengeluarkan izin impor dan diperkirakan akan tiba di Indonesia dalam jumlah besar pada Mei.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegur Menteri Perdagangan Agus Suparmanto mengenai masih naiknya harga sejumlah bahan pokok pada masa pandemi Covid-19.

Berdasarkan laporan yang diterimanya, Jokowi mengatakan harga beras mengalami kenaikan dan juga harga gula yang masih stagnan di harga Rp19.00p per kg.

“Saya tidak tahu apakah dari Kemendag sudah melihat lapangannya bahwa ini belum bergerak,” kata Jokowi saat memimpin rapat terbatas pada Senin (20/4).

Menurut dia, harga beras harusnya mengalami penurunan karena harga gabah kering di lapangan yang turun lima persen.

“Tapi harga beras naik 0,4 persen ini ada apa, tolong dilihat betul lapangannya. Lapangannya dicek betul, ada apa. Kalau harga gabah kering giling turun, harusnya harga berasnya turun,” jelas dia.

Selain beras, harga bahan pokok lainnya juga mengalami kenaikan seperti daging sapi, cabai rawit, cabai merah, bawang merah, bawang putih. (MSH/AA)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *