Pemerintah akan Bangun Rumah Sakit Covid-19 Di Tempat Wisata Camp. Vietnam

0
(0)

Batam : Tempat wisata bekas pengungsian Vietnam akan dibangun rumah sakit khusus penyakit menular termasuk Covid-19 Corona Virus dengan kapasitas 1.000 pasien dalam waktu sebulan. Hal itu terungkap usai Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono meninjau lokasi di pulau Galang, Batam.

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto mengatakan, selain memiliki tempat observasi di Natuna, Ex Camp. Vietnam ini juga direncanakan untuk pusat rehabilitasi dan isolasi. Sesuai aturan kesehatan, ruang isolasi dibangun sebanyak 50 kamar atau 2% dari jumlah totol kamar yang dibangun.

“Selain memiliki tempat observasi yang ada di Natuna, pulau Galang juga dipilih dan direncanakan untuk membangun rumah sakit, mudah-mudahan dalam waktu dekat, akan segera didirikan rumah sakit untuk penyakit menular yang ada di Galang,” ucap Panglima, Rabu,(4/3/2020).

Hadi Tjahjanto melanjutkan, alasan dipilihnya Ex Camp. Vietnam bagi WNI yang terinfeksi atau yang diobservasi baik dari dalam maupun luar negeri, karena pertama aksesibilitas yang relatif bisa dijangkau terutama jarak tempuh Bandara Internasional Hang Nadim ke pulau Galang hanya memakan waktu 1 jam 15 menit, dan bandara ini bisa menampung pendaratan untuk pesawat berbadan kecil maupun besar. Kedua, fasilitas yang sudah memenuhi seperti air, listrik, dan genset.

Ditempat yang sama, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono mengatakan, pihaknya melakukan orientasi lapangan terlebih dahulu, sebelum nantinya rumah sakit khusus ini diselesaikan dalam waktu satu bulan dengan standar kesehatan yang sama seperti di Natuna dan pulau Sebaru.

“Kita rehab ini mudah-mudahan tidak terlalu lama, sumber airnya kan ada disini, listrik, air dan genset, infrastrukturnya sudah siap, semua sudah dengan standar seperti yang ada di Natuna, Sebaru, dan tidak akan masalah, mudah-mudahan bisa diselesaikan dalam sebulan,” ungkapnya.

Untuk diketahui, Camp. Vietnam di Pulau Galang merupakan tempat pengungsian bagi 205.000 warga Vietnam saat terjadi perang saudara di Vietnam pada tahun 1975, Camp ini dibangun pada tahun 1979 – 1996 di lahan seluas 80 hektar, oleh PBB melalui High Commissioner for Refugees UNHCR. Tempat ini dijadikan sebagai objek wisata dan masih dikunjungi anak cucu dari para pengungsi hingga kini. Bahkan mereka yang lahir di pengungsian menganggap Galang sebagai kampung halaman mereka.

Fasilitas yang masih terjaga dan terawat dengan baik serta bisa dimanfaatkan berupa, gereja, Pagoda Quan Am Tu vihara, museum dan kebun rusa. Selain itu juga ada kuburan Ngha Trang, patung kemanusiaan, sel tahanan dan kantor PMI.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *