by

Pembelajaran Tatap Muka Bisa Dihentikan Bila Siswa Covid-19

Jakarta: Pemerintah kembali memperpanjang pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM), melalui Instruksi Dalam Negeri (Inmendagri).

Aturan tersebut mengatur penghentian sementara pembelajaran tatap muka (PTM) jika ada kasus konfirmasi Covid-19 di satuan pendidikan.

“Selain itu, penghentian PTM juga bisa dilakukan jika hasil surveilans epidemiologis menunjukkan angka positivity rate warga sekolah terkonfirmasi Covid-19 sebanyak 5 persen atau lebih,” kata Direktur Jenderal Bina Administrasi dan Kewilayahan Safrizal ZA di Jakarta, Selasa (2/8/2022).

Pemerintah menerbitkan Inmendagri Nomor 39 Tahun 2022 untuk PPKM di Luar Jawa dan Bali, yang berlaku mulai 2 Agustus sampai 5 September 2022.

Penetapan PPKM Level 1 di seluruh Indonesia didasari oleh pertimbangan para pakar dan kondisi faktual di lapangan. Meski terjadi kenaikan kasus Covid-19, tetapi tingkat keterisian tempat tidur di rumah sakit masih rendah.

“Masyarakat tidak perlu panik, tetapi tetap menjaga disiplin protokol kesehatan, khususnya di tempat tertutup dan tempat yang berpotensi menimbulkan kerumunan,” ujarnya.