Menunut Pelaksanaan Pilkada 2020 Harus Ditunda

0
(0)

Jakarta: Kasus Covid-19 kian meningkat, desakan untuk menunda pelaksanaan Pilkada Serentak 2020 pun terus mengalir.

Direktur Eksekutive Lembaga Kajian Pemilu Indonesia (LKPI), Arifin Nur Cahyono mengatakan, masyarakat yang menjadi korban terpapar Covid-19 kian banyak.

“Pilkada 2020 demi kemanusiaan dan keselamatan masyarakat serta kehancuran bangsa dan negara Indonesia harus ditunda oleh Presiden Jokowi,” katanya dalam keterangan yang diterima rri.co.id, Sabtu (12/9/2020).

Jika pelaksanaan pesta rakyat lima tahunan itu tetap dipaksakan, Arifin mengaku khawatir kasus Covid-19 di berbagai daerah akan terus meninggi. Apalagi setelah pendaftaran berakhir, para relawan dari pasangan calon mulai melakukan pengorganisasian masyarakat.

“Ini berpotensi akan menimbulkan peningkatan penyebaran virus corona di Indonesia bisa mencapai jutaan warga nanti,” ujarnya.

Lebih lanjut, Arifin menekankan, Presiden Jokowi dapat menunda pelaksanaan Pilkada di 9 Desember 2020 dengan menggunakan dasar Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) No 2/2020 yang diundangkan menjadi Undang-Undang 6/2020 tentang Pilkada.

Perlu diketahui, sejauh ini angka kasus terkonfirmasi Covid-19 mencapai 207.203. Dari jumlah itu, 51.237 diantaranya masih dirawat, 147.510 dinyatakan sembuh dan 8.456 pasien yang meninggal dunia.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Anak Buah Megawati Desak Anies Batalkan PSBB

Sat Sep 12 , 2020
0 (0) Jakarta: Gubernur DKI, Anies Baswedan didesak untuk membatalkan pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) total di Jakarta. Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD DKI Gembong Warsono mengatakan, mendisiplinkan warga untuk menerapkan protokol kesehatan yang ketat lebih efektif memutus mata rantai penyebaran Covid-19. “Hentikan dan batalkan rencana Pembatasan Sosial Berskala […]