by

Pecahan Bulan Berada Di Dekat Bumi

California—Para ilmuwan telah mengidentifikasi bongkahan kecil yang melacak orbit Bumi adalah asteroid bulan Kamo‘oalewa. Menurut The Guardian, pengamatan baru percaya itu adalah fragmen dari bulan yang mengambang di luar angkasa sebagai akibat dari tabrakan bulan kuno.

Asteroid itu ditemukan pada tahun 2016, tetapi sejauh ini hanya ada sedikit informasi tentangnya. Kamo Oalewa merupakan salah satu satelit semi bumi yang merupakan kategori asteroid yang mengorbit matahari dan paling dekat dengan bumi dengan jarak tempuh sekitar 14,4 juta kilometer.

Meskipun asteroid itu dekat dari aspek astronomi, namun ukurannya seukuran kincir ria dan lebih redup daripada bintang yang bisa dilihat dengan mata telanjang. Teleskop bumi paling canggih diperlukan untuk melakukan pengamatan seperti itu.

Para astronom menemukan bahwa spektrum cahaya yang dipantulkan dari asteroid sesuai dengan batuan luar angkasa bulan dari misi Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA) menggunakan Large Binocular Telescope di Gunung Graham. (NE)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *