Pasca Tabrak Motor, PT KAI Daop 8 Tutup Perlintasan Liar di Kota Malang

0
(0)

Malang: Perlintasan kereta api liar di kawasan Ciptomulyo, Kecamatan Sukun Kota Malang memakan korban. Di perlintasan liar terjadi kecelakaan dimana KA Malioboro ekspress relasi Malang – Jogyakarta telah menabrak pengendara sepeda motor. Kejadian pada 26 Februari ini menyebabkan korban pengendara sepeda motor meninggal dunia.

Terkait hal itu, untuk meningkatkan keselamatan perjalanan kereta api dan pengguna jalan raya, PT KAI Daop 8 Surabaya menutup penutupan perlintasan liar di Km 52 + 3/4 petak jalan antara Stasiun Malang Kota Lama-Stasiun Pakishaji, atau yang terletak di Kelurahan Ciptomulyo, Kecamatan Sukun, Kota Malang, Jumat (28/2/2020).

“Langkah ini diambil untuk mengantisipasi kejadian serupa terjadi lagi,” kata Manager Humas PT KAI Daop 8 Surabaya, Suprapto.

Menurutnya, PT KAI akan terus mengimbau dan mensosialisasikan kepada masyarakat tentang tata cara berlalu lintas di pelintasan jalur rel dengan jalan raya, agar mematuhi rambu lalu lintas yang ada.

“Yang menjadi alat utama keselamatan ketika melintas di pelintasan KA dan jalan raya adalah rambu lalu lintas dengan tanda STOP. Berhenti, tengok kanan – kiri, apabila aman, bisa melanjutkan perjalanan sesuai tata cara melintas,” tuturnya.

Ia menambahkan, palang pintu dan penjaga pelintasan hanyalah alat bantu keamanan semata. Sedangkan alat utama keselamatannya ada di rambu lalu lintas yang berada di perlintasan tersebut.

“Selama ini, total ada 563 titik perlintasan yang ada di wilayah PT KAI Daop 8. Diantaranya, 132 titik yang di jaga petugas KAI, 33 yang dijaga swasta, 368 titik perlintasan tidak terjaga, dan 30 sudah dibuat fly over atau under pass,” pungkas Suprapto.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *