Tuesday, April 20

Paranoid, AS Kembali Tangkap Seorang Peneliti China

Washington DC – Departemen Kehakiman Amerika Serikat (AS) mengatakan telah menangkap seorang wanita asal China yang berada di konsulat negaranya di San Francisco. Seorang pejabat senior mengeluarkan pengumuman tersebut pada Jumat (24/07), lansir NHK.

Wanita tersebut masuk AS pada Desember tahun lalu dan bekerja sebagai peneliti di Universitas California, Davis.

Ia adalah satu dari empat warga negara China yang dituduh melakukan penipuan visa oleh para pejabat Departemen Kehakiman. Mereka bersekolah di universitas-universitas Amerika dan diduga berbohong tentang hubungannya dengan militer China.

Orang-orang tersebut juga termasuk seorang pejabat dan peneliti dinilai memiliki koneksi dengan Tentara Pembebasan Rakyat China. Wanita tersebut adalah orang terakhir dari kelompok itu yang ditangkap.

Tidak diketahui pasti bagaimana otoritas AS dapat menangkap seseorang yang berada dalam misi diplomatik. Namun, Amerika memang tengah paranoid dengan segala hal terkait China termasuk kecurigaan pencurian teknologi.

Departemen Kehakiman dan FBI juga menerapkan kewaspadaan tinggi terhadap ilmuwan dan peneliti militer China.

Keduanya meyakini Beijing tengah mengirim orang-orang tersebut ke universitas-universitas AS untuk mencuri data saintifik dan teknologi.(EP)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *