Para Ilmuwan Temukan Perangkat Deteksi Cepat Covid-19 yang Mirip Alat Tes Kehamilan

0
(0)

New Delhi—Kelompok ilmuwan di India mengembangkan lebih lanjut tes deteksi virus Covid-19 menggunakan metode yang sangat mirip dengan tes kehamilan, kutip BBC. Metode ini dipandang tidak hanya lebih ekonomis daripada tes lainnya, tetapi juga lebih cepat daripada menjadikannya satu-satunya tes Covid-19 yang menggunakan kertas pertama dari jenisnya di dunia.

Alat yang dinamai tes Feluda, dihargai Rs 500 dan dapat memberikan hasil dalam 45 menit. Ilmuwan berharap alat tes dapat memberikan hasil dalam waktu kurang dari satu jam dengan biaya hanya 500 rupee.

Penasihat Ilmiah Utama untuk Pemerintah India, Prof. K. Vijay Raghavan mengatakan alat tes itu sederhana, akurat, andal, dan terukur serta bijaksana, lapor BBC. Pusat penelitian ini berbasis di Institute of Genomics and Integrative Biology (IGIB) di Delhi.

“Feluda dikembangkan di IGIB sebagai tambahan untuk mendapatkan kontak di laboratorium swasta untuk uji coba pada sekitar 2.000 sampel dari pasien yang telah dipastikan positif Covid-19.

Dari hasil tes tersebut, mereka menemukan bahwa perangkat tersebut mampu mendeteksi infeksi dengan tingkat sensitivitas hingga 96 persen dan lebih spesifik 98 persen.

“Uji akurasinya dihitung berdasarkan dua proporsi ini, “ katanya. “Tes ini sangat efektif karena mampu mengidentifikasi hampir semua orang yang terinfeksi Covid-19,” tambahnya. (NE)

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Media China Beritakan Luhut Bertemu Anak Buah Xi Jinping Setelah Aksi Demo Tolak Omnibus Law

Sun Oct 11 , 2020
0 (0) Jakarta – Kantor berita China melansir pemberitaan keberadaan Menteri Koordinator (Menko) Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan pascademo besar-besaran Omnibus Law. Ternyata LBP ada di China. Menurut Xinhua, Jumat(9/10), anggota Dewan Negara sekaligus Menteri Luar Negeri (Menlu) China Wang Yi menggelar pembicaraan dengan Menteri Koordinator (Menko) Bidang […]