by

Pakai Bus, Tips Aman Liburan Akhir Pekan

Jakarta: Berlibur di akhir pekan merupakan dambaan setiap orang. Apalagi liburan dilakukan bersama keluarga.

Bagi yang belum memiliki kendaraan pribadi, anda dapat menggunakan bus menuju tempat-tempat wisata yang diinginkan.

Berikut langkah-langkah aman dan nyaman yang dapat anda terapkan saat naik bus di masa pandemi Covid-19 ini;

1. Jaga Kondisi Tubuh Anda Sebelum Berangkat

Hal utama yang paling wajib dilakukan adalah menjaga kesehatan diri sebelum hari keberangkatan. Konsumsi makanan sehat sebelum bepergian, olahraga teratur, dan jangan lupa untuk menambah asupan vitamin jika diperlukan.

Ini dilakukan untuk membuat sistem kekebalan tubuh dalam kondisi terbaiknya. Dengan begitu, tubuh tidak akan mudah tertular penyakit.

Jika sebelum berangkat, kamu merasa kurang enak badan, ada baiknya menunda perjalanan terlebih dahulu. Barulah nanti ketika sudah sehat kembali, bisa bepergian seperti biasanya.

2. Harus Selalu Gunakan Masker serta Face Shield

Perlindungan wajib lainnya yang harus dilakukan adalah selalu mengenakan masker saat berada di shuttle. Jenis maskernya sesuai dengan kenyamanan masing-masing ya, dan sebisa mungkin hindari jenis masker tipis seperti scuba maupun buff.

Selalu pastikan masker yang digunakan telah memenuhi standar kesehatan agar kamu aman dari potensi penularan Covid-19 melalui tetesan droplet.

Nah, untuk perlindungan yang lebih maksimal, kamu bisa menambahkan pelindung wajah (face shield) yang sekarang mudah didapatkan.

3. Wajib bawa tas P3K di Era Adabtasi Kebiasaan Baru

Pandemi Covid-19 menyadarkan kita bahwa aspek sanitasi maupun kebersihan kian berharga dalam setiap aktivitas. Karena itulah, kamu sebaiknya membawa tas berisi perlengkapan kesehatan, atau P3K (Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan).

Sejumlah barang tersebut, misalnya masker, tisu kering maupun basah, hand sanitizer, peralatan makan pribadi, hingga sarung tangan.

4. Duduklah Sesuai Kursi yang Dipesan

Langkah selanjutnya untuk perjalanan aman dan nyaman naik bus adalah dengan menerapkan jaga jarak. Pengelola bus lazimnya telah mengatur kursi agar penumpang bisa saling menerapkan jaga jarak fisik satu sama lain.

5. Usahakan jangan memilih tempat liburan yang terlalu jauh

Tidak perlu jauh-jauh ke luar kota, sebenarnya di beberapa wilayah terdapat destinasi yang menarik untuk disambangi. Selain lebih aman, anda tentu saja tidak akan terlalu capek menempuh perjalanan jauh untuk menikmati liburan.

Cek juga apakah destinasi wisata yang akan kalian kunjungi sudah menerapkan protokol kesehatan atau belum. Alangkah lebih baik lagi, jika anda memilih wisata di tempat terbuka dan jauh dari kerumunan.