by

Omicron , Thailand Laporkan 21 Kasus

Jakarta: Kluster varian Omicron pertama dilaporkan Pemerintah Thailand tepatnya di provinsi Kalasin, dengan jumlah 21 orang pada Jumat (24/12/2021) waktu setempat.

“Dari klaster Kalasin, ada 21 infeksi baru,” ujar Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Thailand Apisamai Srirangsan seperti dikutip Reuters, Sabtu (25/12/2021).

Kluster tersebut diakibatkan oleh satu pasangan asal Belgia yang masuk ke Negeri Gajah Putih tersebut dengan skema Test & Go.

Test & Go sendiri diketahui berjalan dengan skema dimana memungkinkan pelancong luar yang telah divaksinasi lengkap dapat masuk ke Thailand tanpa harus karantina.

“Pasangan asal Belgia tersebut telah menjalani tes covid-19 dua kali dengan hasil negatif, yaitu sebelum berangkat dan saat tiba di Thailand pada awal Desember lalu,” jelas Srirangsan.

“Namun pada 15 Desember lalu, mereka mulai mengalami gejala dan dites positif. Kemudian, mereka dikonfirmasi memiliki varian Omicron,” terangnya

Akibat melonjaknya kasus varian Omicron ini, Pemerintah Thailand telah membatalkan sejumlah acara penyambutan tahun baru yang disponsori negara di tengah kekhawatiran lonjakan kasus.

Sejauh ini, Thailand mencatat 205 kasus Omicron dan mayoritas pasiennya adalah pelancong dari luar negeri. Padahal, sekitar 62 persen dari 72 juta penduduk Thailand sudah divaksinasi lengkap.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *