by

Omicron BA.2 , Ada Ratusan Kasus di Indonesia

Jakarta: Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI menyebut subvarian ‘Omicron siluman’ BA.2 yang diyakini menular lebih cepat dibanding Omicron BA.1 telah terdeteksi sebanyak 252 varian di Indonesia.

“Terkait varian BA.2, sebenarnya kita sudah mendeteksi varian ini, kalau kita lihat jumlah varian BA.2 yang saat ini sudah bisa deteksi itu sekitar 252 varian BA.2,” kata Juru bicara vaksinasi Covid-19 Kemenkes, Siti Nadia Tarmidzi dalam keterangan pers secara virtual, Selasa (1/3/2022).

Ia mengakui bahwa varian tersebut memang lebih cepat penularannya serta dapat meningkatkan keparahan.

“Memang dikatakan BA.2 ini terutama adalah dia lebih cepat menular dan juga meningkatkan tingkat keparahan, tetapi dari pola yang ada hingga saat ini memang tidak hanya di Indonesia tapi di dunia 90 persen itu Omicron didominasi BA.1, tentunya kembali kewaspadaan kita,” ungkapnya.

Ia menegaskan kunci utama mengatasi virus Corona apa pun variannya adalah dengan disiplin protokol kesehatan (prokes) dan vaksinasi Covid-19.

“Apa pun variannya hanya 3T, 3M, dan vaksinasi. Kuncinya adalah percepatan vaksinasi baik booster maupun vaksinasi primer yang harus kita selesaikan sesegera mungkin,” pungkasnya..

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.