Saturday, June 19

Olshop Dongkrak Penjualan Retail Korsel

Jakarta – Penjualan retail Korea Selatan (Korsel) membukukan pertumbuhan tahun lalu berkat permintaan belanja daring (online) yang solid di tengah merebaknya pandemi COVID-19, menurut sebuah laporan pemerintah pada Kamis (28/1).

Pendapatan para peretail lokal utama naik 5,5 persen pada 2020 dibandingkan tahun sebelumnya, menurut Kementerian Perdagangan, Perindustrian dan Energi Korea Selatan.

Penjualan oleh para peretail online meningkat 18,4 persen pada 2020 setelah mencatat pertumbuhan 14,2 persen pada tahun sebelumnya. Sebaliknya, pendapatan toko fisik atau offline turun 3,6 persen.

Permintaan belanja online menguat tahun lalu karena didorong oleh protokol kesehatan terkait COVID-19 yang mengharuskan orang-orang untuk tetap tinggal di rumah.

Permintaan online untuk makanan dan barang-barang rumah tangga masing-masing melonjak 51,5 dan 25,3 persen tahun lalu.

Selain itu, pendapatan toko kelontong atau minimarket juga mengalami kenaikan sebesar 2,4 persen. Namun, tidak demikian dengan pusat-pusat perbelanjaan dan gerai diskon, yang justru mengalami penurunan masing-masing 9,8 persen dan 3,0 persen, menurut laporan tersebut.(EP/xh)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *