Ngopi Terbaik Itu Setelah Sarapan, Bukan Sebelumnya

0
(0)

Somerset: Secangkir kopi hitam pekat umumnya menjadi “obat” manjur untuk membangunkan Anda dan bersemangat di pagi hari setelah tidur malam yang kurang nyaman, mungkin akibat begadang untuk menyelesaikan tugas atau berkumpul bersama teman-teman.

Meski berefek pada menyemangati Anda untuk menjalani hari tersebut, dampak buruknya dapat mengganggu kontrol kadar gula darah, menurut sebuah studi terbaru.

Penelitian dari Center for Nutrition, Exercise & Metabolism di University of Bath, Somerset, Inggris, yang dipublikasikan di British Journal of Nutrition, mengamati efek istirahat tidur dan kopi pagi hari di berbagai penanda metabolik yang berbeda.

Mengingat pentingnya menjaga kadar gula darah dalam kisaran yang aman untuk mengurangi sejumlah risiko, seperti penyakit diabetes dan jantung, peneliti mengatakan hasil ini dapat memiliki implikasi kesehatan yang ‘jauh ke depan’ terutama mengingat popularitas kopi secara global.

Penelitian ini menggunakan 29 partisipan pria dan wanita sehat untuk menjalani tiga eksperimen berbeda dan acak.

Pertama, kondisi partisipan tidur malam dengan normal dan diminta mengonsumsi minuman manis saat bangun di pagi hari. Pada kesempatan lain, partisipan mengalami gangguan tidur malam (peneliti membangunkan mereka setiap jam selama lima menit) kemudian setelah bangun diberikan minuman manis yang sama. Kemudian, peserta mengalami gangguan tidur yang sama (terbangun sepanjang malam) namun kali ini pertama kali diberikan kopi hitam kental 30 menit sebelum mengonsumsi minuman manis tersebut.

Dalam setiap tes ini, sampel darah dari peserta diambil setelah minuman glukosa yang kandungan energinya (kalori) mencerminkan apa yang biasanya dikonsumsi untuk sarapan.

Hasilnya, kopi hitam pekat yang dikonsumsi sebelum sarapan secara substansial meningkatkan respons glukosa darah terhadap sarapan sekitar 50%.

Meskipun survei pada tingkat populasi menunjukkan bahwa meminum kopi dapat dikaitkan dengan kesehatan yang baik, penelitian sebelumnya juga menunjukkan kafein berpotensi menyebabkan resistensi insulin.

Studi baru ini mengungkapkan bahwa minum kopi sebagai “obat” setelah tidur malam yang kurang nyaman memang dapat mengatasi masalah rasa kantuk, tetapi di sisi lain dapat menciptakan masalah yang membatasi kemampuan tubuh untuk menolerir gula dalam sarapan Anda.

“Kita tahu bahwa hampir setengah dari kita akan bangun di pagi hari dan, sebelum melakukan hal-hal lain, minum kopi,” kata Profesor James Betts, Direktur Center for Nutrition, Exercise and Metabolism di University of Bath yang mengawasi penelitian tersebut.

“Secara intuitif, semakin lelah kita, semakin kental kopinya. Studi ini penting dan memiliki implikasi kesehatan yang luas karena hingga saat ini kita memiliki pengetahuan yang terbatas tentang apa yang dilakukannya terhadap tubuh kita, khususnya mengendalikan metabolisme dan gula darah kita,” jelasnya.

“Sederhananya, kontrol gula darah kita terganggu ketika hal pertama yang bersentuhan dengan tubuh kita adalah kopi, terutama setelah terganggu tidur malamnya. Kita bisa memperbaiki ini dengan makan dulu baru kemudian minum kopi jika kita merasa masih membutuhkannya.”

Menurut peneliti, gangguan pada tidur malam tidak memperburuk kondisi glukosa atau insulin dalam darah. Namun, meminum kopi hitam pekat sesaat setelah bangun dari tidur malam yang kurang nyenyak dapat berdampak negatif pada metabolisme glukosa sekitar 50 persen.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Viral!, Pernyataan Ibu Tentang Mahalnya Biaya Kuliah

Sun Oct 4 , 2020
0 (0) ilustrasi Jakarta: Baru-baru ini media sosial dikejutkan dengan sebuah video seorang ibu, yang menggambarkan kemarahannya sambil memegang toga untuk wisuda anaknya, yang kuliah di Unikom (Universitas Komputer Indonesia). Video yang diunggah oleh akun @dessykusuma52 di TikTok sejak Jumat, 2 Oktober 2020 tersebut, kemudian viral di Twitter dengan diikuti […]