by

Nakes Booster Kedua, IDI Sambut Baik Vaksinasi

Jakarta: Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (IDI) menyambut baik vaksinasi dosis booster (penguat) kedua, bagi tenaga kesehatan (nakes).

Ketua Umum PB IDI dr M Adib Khumaidi mengatakan, vaksinasi terbukti telah menyelamatkan banyak nyawa dari virus berbahaya tersebut.

“(Dan, Red) mengurangi tekanan pada fasilitas kesehatan dan memungkinkan kita belajar hidup dengan virus,” kata Adib, Jumat (29/7/2022).

Ditekankannya, dosis booster diperlukan karena imunitas terhadap Covid-19 mulai menurun, setelah enam bulan ke atas dari vaksinasi terakhir.

“Selain itu, varian baru juga memiliki sifat yang jauh lebih menular,” ujarnya.

Tidak lupa, ia juga meminta pemerintah tetap mendorong vaksinasi booster bagi masyarakat agar kekebalan komunitas tercapai.

“Vaksin adalah cara terbaik untuk melindungi diri dan orang yang anda cintai dan kami mendorong semua orang untuk mendapatkan vaksinasi sesegera mungkin,” ucapnya.

Pemerintah berencana memberikan vaksinasi booster kedua setelah angka Covid-19 kembali melonjak setiap harinya. Sehingga, diperlukan proteksi sejak dini bagi nakes untuk dapat menangani pasien positif.