by

Naik Tiga Kali Lipat Harga Cabai Di Indramayu

Indramayu: Momen libur natal dan tahun baru 2022 (Nataru) membuat sejumlah komoditas di Pasar Baru Indramayu melambung tinggi.

Salah satunya komoditas cabai, khususnya cabai rawit setan, harganya tembus Rp100 ribu per kilogram.

“Makanya sekarang nggak berani nyetok banyak, paling 2-3 kilogram saja, soalnya rugi kalau tidak ada yang beli bisa busuk terus jadinya dibuang,” ujar pedagang di Pasar Baru Indramayu, Nisa, Rabu (29/12/2021).

Nisa menyampaikan, harga tersebut melonjak drastis, padahal cabai rawit setan jika pada kondisi normal hanya berkisar Rp20 ribu per kilogram.

Kondisi yang sama juga dialami cabai rawit hijau, harganya sekarang mencapai Rp50 ribu per kilogram, termasuk jenis komoditas cabai lainnya.

Menurut Nisa, ia tidak mengetahui secara pasti alasan naiknya harga cabai, harga tersebut sudah naik dari supplier yang memasok cabai di pasar.

“Naik terus, sejak akhir November kemarin, sekarang sudah Rp100 ribu per kilogram,” jelasnya.

Dalam hal ini, disampaikan Nisa, harga cabai rawit setan bahkan mencapai 3 kali lipat dari harga daging ayam sekarang. Padahal, jika kondisi biasa, harga komoditas daging ayam hanya kisaran Rp28 ribu per kilogram.

“Sedang naik, karena daya beli masyarakat sekarang turun, gara-garanya penyaluran bantuan Rasdog yang disekaliguskan, masyarakat sudah punya daging ayam jadi tidak beli di pedagang,” tungkasnya.

Komoditas lainnya pun di Pasar Baru Indramayu terpantau ikut mengalami kenaikan. Seperti harga minyak goreng curah dari harga normal Rp12 ribu menjadi Rp19 ribu, telur ayam ras dari harga normal Rp20 ribu menjadi Rp31 ribu, dan lain sebagainya.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *