Friday, June 18

Mutasi Covid-19 B117 Sudah Ada di Jakarta

Jakarta: Varian baru virus Covid-19, B.1.1.7 telah ditemukan di Jakarta.

Hal itu diketahui dari hasil pemeriksaan sampel dikumpulkan pada Januari-Februari 2021 yang berasal dari empat provinsi, salah satunya DKI Jakarta.

“Sampai saat ini Litbangkes sudah melaporkan enam kasus B.1.1.7, bertambah empat orang,” kata Kepala Lembaga Biologi Molekuler Eijkman Amin Soebandrio.

Selain Jakarta, sampel berasal dari Kalimantan Selatan, Sumatera Selatan, dan Sumatera Utara. Semua sampel ini didaftarkan Balai Litbang Kementerian Kesehatan (Balitbangkes).

Sebanyak tiga sampel dari Jakarta, satu dari Kalimantan Selatan, satu dari Sumatera Utara, dan satu dari Sumatera Selatan.

Amin menyebut belum mengetahui apakah sampel ini didapatkan dari pelaku perjalanan dari luar negeri yang dikarantina atau sudah di komunitas.

“Info rincinya di Litbangkes,” katanya.

Terkait temuan itu, pihak Dinas Kesehatan DKI Jakarta belum merespon. Pemprov DKI yang selama ini kemampuan testing-nya paling memadai di level nasional menyebut tak menutup kemungkinan akan hal itu.

“Jangan-jangan B.1.1.7 mungkin sudah dulu hadir sebelum kita mengidentifikasi kemarin,” kata Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan DKI Jakarta Dwi Oktavia dalam diskusi virtual, Jumat (5/3/2021).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *