by

Mulai Masuk Kepemukiman , 36 Warga Krukut Terkonfirmasi Covid-19 Diduga Varian Omicron

Jakarta: Penutupan mikro diberlakukan di empat RT di RW 002, Kelurahan Krukut, Kecamatan Taman Sari, Jakarta Barat, setelah 36 warga setempat terkonfirmasi Covid-19. Merebaknya kasus covid-19 di RW itu bermula dari seorang warga yang diduga terpapar varian Omicron.

Upaya penelusuran kontak erat kepada warga di lingkungan RW tersebut terus dilakukan.Lurah Krukut Ilham Nurkarim yang dihubungi, Minggu (9/1/2022) menjelaskan, kasus terkonfirmasi di wilayahnya berawal dari satu warga, seorang ibu berinisial R (55). R disebut usai melakukan perjalanan ke luar kota.

Ketika kembali, ia merasakan gejala atau keluhan dan kemudian memeriksakan diri di RS Taman Sari. Dari dua kali tes usap, yaitu pada 1 dan 2 Januari 2022, R terkonfirmasi positif. Kemudian RS mengajukan ke laboratorium untuk melakukan tes genome sequencing untuk diketahui variannya.

BACA JUGA :Polisi Terapkan Pembatasan Mobilitas, Krukut Zona Merah Covid 19

”Pada 4 atau 5 Januari, saya mendapat informasi, yang bersangkutan suspect Omicron,” kata Ilham seperti dilansir Kompas.id.

Ilham melanjutkan, pihak kelurahan bersama Suku Dinas Kesehatan Jakarta Barat langsung melakukan penelusuran kontak erat. Pada tahap pertama, Kamis (6/1/2022) dari hasil tes antigen ada 13 warga positif. Setelah ditindaklanjuti dengan tes PCR, kembali ke-13 warga tersebut positif.

Kemudian pihak kelurahan dan sudinkes kembali melakukan penelusuran kedua, Jumat (8/1/2022). Dari 63 warga yang ditelusuri, ada 20 warga yang terkonfirmasi positif.

”Di luar itu ada warga yang melakukan pemeriksaan sendiri sehingga bersama kasus pertama total ada 36 warga yang terkonfirmasi positif,” katanya.

Ke-35 warga telah menjalani isolasi di RSDC Wisma Atlet. Satu warga lainnya di RS Tanjung Duren karena tengah hamil sehingga penanganannya harus berbeda.

Warga yang terkonfirmasi itu berasal dari RT 008, 010, 011, dan 014 di RW 002. Total di Kelurahan Krukut terdapat 112 RT dan 8 RW.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *