by

Mudik Dibolehkan, Masyarakat Diminta Tetap Waspada Covid-19

Jakarta: Anggota Komisi IX DPR RI Rahmad Handoyo meminta masyarakat untuk tetap waspada penyebaran Covid-19 saat melaksanakan mudik lebaran 2022.

Sebab menurut dia, meskipun pemerintah telah mengizinkan pelaksanaan mudik, pandemi Covid-19 masih berlangsung di Indonesia.

“Kebijakan ini jangan disambut secara berlebihan, masyarakat jangan bereuforia. Apalagi kalau menganggap pandemi sudah berakhir, itu salah besar,” tegasnya melalui keterangan pers, Jumat (25/3/2022).

“Lembaga kesehatan dunia ini masih terus mewanti-wanti bahwa pandemi masih jauh dari selesai,” lanjutnya.

Oleh karena itu, politisi PDI Perjuangan ini meminta masyarakat selalu mengedepankan asas kehati-hatian, termasuk saat mudik lebaran.

“Karena itu, asas kehati-hatian harus selalu dikedepankan,” ujarnya.

Rahmad mengatakan, Indonesia juga harus berkaca dari kasus Covid-19 yang terjadi di beberapa negara di Eropa. Sebab negara-negara di Eropa justru mengalami kenaikan kasus, padahal sebelumnya sudah melandai.

Dia pun menyoroti negara-negara yang alami kenaikan kasus itu lantaran telah melonggarkan sejumlah aturan terkait Covid-19.

“Mungkin karena adanya tekanan publik, tekanan politik dan sosial budaya, banyak negara di Eropa yang melonggarkan aturan dan sangat terbuka,” terang dia.

“Bahkan ada yang tidak mewajibkan pemakaian masker di ruang publik, justru lihat lah sekarang, di sana terjadi ledakan. Ada yang kasus positif per hari hingga 200 ribu. Dan rumah sakit penuh kembali,” paparnya.

Selain itu, Rahmad mencontohkan Korea Selatan yang saat ini telah menembus 10 juta kasus atau hampir 20 persen dari jumlah populasi negara tersebut. Hal itu menjadikan Korea Selatan saat ini sebagai negara dengan kasus positif tertinggi di dunia.

“Saya kira kasus di Eropa juga di Korea Selatan harus jadi perhatian kita bersama. Kita tentu tidak mau setelah melandai seperti saat ini kemudian meledak lagi. Karena itu kita harus berhati-hati,” pesan dia.

Lebih lanjut Rahmad juga mengingatkan seluruh masyarakat agar tidak kebablasan pada momentum lebaran tahun ini. Sekaligus mengimbau masyarakat agar segera mengikuti program vaksinasi, terutama vaksin booster.

“Bertanggung jawab akan keselamatan dirinya, keselamatan lingkungannya dan keselamatan warga di tempat mudik. Kita harapkan agar saat melakukan perjalanan mudik, masyarakat tetap menggunakan protokol kesehatan. Ini tidak boleh ditawar-tawar,” pungkasnya.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.