by

Modifikasi dari Omicron, Panel WHO Dukung Vaksin Penguat

Jenewa: Vaksin virus corona modifikasi yang menargetkan Omicron dapat dijadikan vaksin penguat untuk menambah kekebalan. Pemberitahuan tersebut keluar dari penjelasan kelompok penasihat teknis bentukan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Jumat (17/6/2022).

Menurut panel WHO tentang Komposisi Vaksin COVID-19, vaksin ini dapat bermanfaat bagi mereka yang telah menerima sejumlah vaksinasi utama. Jenis vaksin ini juga sudah disesuaikan untuk menghadapi varian mutasi Omicron.

Panel tersebut menjelaskan bahwa vaksin dapat dipertimbangkan digunakan secara global oleh WHO setelah menerima otorisasi penggunaan darurat atau persetujuan otoritas regulator nasional yang ketat, seperti dikutip dari Reuters, Sabtu (18/9/2022).

Produsen vaksin termasuk Moderna dan Pfizer kini sedang mengembangkan potensi vaksin penguat generasi berikutnya yang ditargetkan pada varian Omicron serta galur asli virus corona.

Moderna pekan lalu mengatakan versi vaksin barunya menghasilkan respons kekebalan yang lebih baik terhadap Omicron daripada vaksin asli. Sementara, European Medicines Agency minggu ini mulai meluncurkan ulasan tentang vaksin COVID-19 yang disesuaikan dengan varian dari Moderna dan Pfizer.