by

Mitigasi Bencana di Sejumlah Daerah Sudah Disiapkan

Jakarta: Dalam mengantisipasi dampak dari bencana alam yang terjadi di seluruh wilayah Indonesia, Kementerian Sosial RI telah mempersiapkan sejumlah upaya untuk membantu masyarakat yang terdampak bencana.

“Jadi yang harus kita siapkan itu untuk mitigasi bencana. Itu dibutuhkan maka itu bisa dengan mudah di akses. Itu pertama. Karena ada beberapa titik yang memang kemudian putus,” kata Risma saat ditemui di Tanjung Priok, Jakarta Utara, Senin (8/11/2021).

Menurut Risma persiapan mitigasi ini dilakukan pihaknya di beberapa wilayah yang rawan dengan bencana alam dan wilayah yang lokasinya sangat rentan untuk dilewati setelah terjadinya bencana.

Selain itu, tambah Risma, program mitigasi juga harus berjalan di kawasan Trunyan, Bali. Di daerah itu ada lima hingga delapan wilayah yang bisa terisolasi dan tidak bisa bertahan jika terjadi bencana banjir bandang.

Oleh karena itu, Kemensos akan membuat lumbung sosial guna mengantisipasi hal tersebut. Selain itu, lumbung sosial juga telah disiapkan di Kabupaten Pacitan, Jawa Timur, Luwu Utara, Sulawesi Utara dan Kalimantan Barat.

“Di Jakarta tidak mungkin terjadi. Tapi kalau di suatu daerah lain, bener bener putus. Longsor, kemudian patah jalan putus, jembatan putus. Jadi artinya memang harus ada strategi dimana minimal dua tiga hari itu harus ada stok,” ungkap Risma.

“Dibeberapa daerah sudah mulai kita siapkan. Seperti di Pacitan, itu kan ramalannya tsunami akan besar. Nah tempat evekauasi sudah kita cadangkan. Kemudian di Luwu itu rawan longsor kita buat 5 titik untuk lumbung,” sambung Risma.

Untuk di daerah Trunyan sendiri pihaknya membangun lima lumbung. Kemudian di kawasan Malawi telah di buatkan 11 titik.

“Kalau itu bisa kita siapkan, InsyaAllah kita tidak perlu takut adanya kelaparan dan sebagainya,” tukasnya.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *